Historical Quest Malacca (Postcard Series)


Saya sekarang adalah seorang deltiologist. Apa itu deltiologist? Kalau menurut wikipedia sih artinya kolektor kartu pos. Ya, hobi saya berkirim kartu pos sudah merambah menjadi kolektor kartu pos. Kalau lihat kartu pos bagus dan lucu mata saya langsung berubah jadi hijau. Seperti suatu ketika saya berada di Melaka, saya berkunjung ke Cheng Ho Cultural Museum. Namun karena saya rasa tiket RM20 terlalu mahal untuk menikmati koleksi museum, akhirnya saya hanya melihat barang-barang yang dijual di toko kecil yang berada di kompleks museum itu sampai akhirnya saya menemukan  sebuah kumpulan kartu pos yang menarik mata dan hati. 1 set kartu pos yang terdiri dari 16 kartu dan dikemas dengan mulus dalam karton yang dilipat ini bertajuk Historical Quest Malacca Vanishing Scenes. Kartu-kartu pos ini merekam sudut-sudut unik dari kota Melaka yang bersejarah dan seolah mengamini kota Melaka sebagai Unesco World Heritage Site.

Adalah Ou Young Sun, seorang fotografer yang karyanya dicetak dalam 1 set kartu pos ini. Nampaknya Ou harus bekerja cukup keras untuk menemukan gambar-gambar cantik ini. “Ou competes with time to capture the old town which is fast disappearing”, begitu kalimat yang tertulis di belakang cover. Padahal kalau saya lihat, Melaka sudah sangat bagus dalam melakukan perawatan dan perlindungan terhadap bangunan-bangunan bersejarah. Ah, tapi saya juga tidak bisa membandingkan Melaka yang saya kunjungi beberapa waktu lalu dengan Melaka yang dahulu. Pastinya Ou lebih tahu daripada saya.

Dan inilah hasil karya Ou Young Sun dalam kartu pos..

The changing scenes of Malacca’s river mouth. A view from the river mouth inland

A 1655 Dutch-era tombstone in the church ruins on top of Saint Paul hill

The statue of Guan Yin in Cheng Hoon Teng temple

Roof top of Cheng Hoon Teng temple with water spouting Au Yu fish

A simple antiquated entrance of a clan house

Century old intricate floor tiles of an old church

Ming-era sky scape. Rounded gable terracotta roof tops of Hereen Street

Skillfully crafted ornate Chao Zhou cut &paste roof ridge of Cheng Hoon Temple main hall

A turtle-shaped rain gutter on top of main hall of Cheng Hoon Teng Temple

Intricate colourful cut & paste gable of Poh San Teng Temple, Bukit China

A Traditional Chao Zhou colourful cut & paste porcelain roof ridge of Poh San Teng Temple

A traditional Malacca Malay stilt house with its ornate staircase, Tengkera

Jonker Street, antiques and collectibles paradise

What remains of a traditional Malacca Malay stilt house – “tangga batu” i.e. traditional staircase with colourful tiles, Paya Rumput

A traditional Malacca Malay stilt house with welcoming gesture “tangga batu” staircase

A Chinese lion pillar base watching over European tiles

Dan ini adalah gambar cover dalam karton kemasan set kartu pos di atas. Penjelasan singkat dan lengkap dengan peta tempat foto-foto di atas diambil. Unik bukan?