Hari Minggu di Taman Tepi Laut


Satu hal yang paling saya suka tinggal di kota Banda Aceh, jarak tempuh ke pantai hanya dalam hitungan menit berkendara motor. Bukan sembarang pantai, tapi pantai berpanorama memukau. Taman Tepi Laut salah satunya. Pantai yang terletak sederet dengan Pantai Lhok Nga, Aceh Besar ini cukup unik. Berbeda dengan pantai-pantai seperti Lampuuk dan Lhok Nga yang dihampari pasir putih dan relatif panas kalau dikunjungi pada siang hari, Pantai Taman Tepi Laut ini dipenuhi dengan tanaman pinus yang berjejer rapi yang membuat suasana di pantai ini sangat adem.

Hari minggu (5/1) lalu, tak ada rencana yang jelas, saya mengajak istri berboncengan motor melewati perbukitan Mata Ie tembus ke daerah Lhok Nga. Menghindari pantai-pantai yang sudah umum dikenal seperti Pantai Lampuuk dan Lhok Nga yang pasti meriah saat akhir pekan, saya memutuskan untuk mengajak istri bersantai di Taman Tepi Laut. Ini bukan kali pertama saya ke sana. Tapi ke sana sambil pacaran, baru kali ini.

Kami datang saat matahari sudah mulai terik. Hanya ada sebuah mobil dan beberapa motor di areal parkir. Masih sepi sepertinya. Memasuki kawasan pantai, terlindungi oleh tajuk-tajuk pinus, terik pun tak terasa. Di antara pepondokan yang berderet, kami memilih duduk di sebuah pondok yang terletak di ujung kanan dekat pantai. Pondok yang menurut kami mempunyai view laut paling bagus.

Sebuah minuman kelapa muda kami sesap berdua. Ditemani kentang goreng sebagai menu brunch, kami menikmati hari pagi menjelang siang itu dengan damai. Walaupun di bagian pantai yang berbentuk teluk kecil tampak beberapa anak kecil riuh bermain air, hal itu tak mengganggu kami. Kami lebih tertarik menikmati keriuhan ombak berkejaran yang menyaingi keriangan anak-anak itu. Bercengkerama di tepi pantai bersama orang terkasih tanpa keramaian yang mengganggu seperti ini, ah.. dunia serasa milik berdua.

20140105-IMG_7567

Pondok di tepi pantai

20140105-IMG_7577

Sebuah kelapa muda dinikmati berdua

20140105-IMG_7585

Adem karena terlindung tajuk pohon pinus

20140105-IMG_7583

Taman Tepi Laut