Bersama OTAP Menyelamatkan Penyu


Tubuh mungil mereka merangkak perlahan di atas pasir berwarna kekuningan di antara keramaian orang-orang yang bersemangat. Kaki-kaki mereka yang berbentuk dayung berusaha menggapai laut, rumah mereka. Begitu menyentuh ombak yang membelai pantai, saat itulah mereka tancap gas masuk ke laut. Alih-alih bergerak ke laut, beberapa di antara mereka malah terseret menjauh karena ombak. Melalui perjuangan yang cukup berat, satu persatu dari mereka akhirnya sampai ke rumah untuk berjuang menjadi penyu dewasa.

Kamis (16/1) sore lalu saya berkesempatan bergabung dengan OTAP (Orang Tua Asuh Penyu Aceh) melepaskan tukik yang baru menetas di Pantai Lhok Nga, Aceh Besar. OTAP adalah sebuah komunitas non-profit yang peduli dengan keberlangsungan penyu di Aceh yang semakin mengkhawatirkan. Di Aceh, telur penyu masih sering dikonsumsi. Berkonsentrasi untuk mencari donasi dan mengedukasi, OTAP berusaha mengajak siapa saja untuk menjadi orang tua asuh penyu. Dan ini adalah pertama kalinya OTAP melakukan pelepas liaran tukik yang baru menetas.

Saya  datang ke lokasi pelepasan saat briefing sedang dilakukan oleh anggota Warga Masyarakat Pasie Jalang kepada para OTAP. Briefing dilakukan agar acara pelepasan tukik bisa tertib. Maklum saja, saat ada acara serupa dengan skala yang lebih besar beberapa waktu lalu, pengunjung banyak yang tidak tertib. Selain membuat tidak nyaman pengunjung lain, kan kasihan juga sama tukiknya. Beberapa poin yang ditekankan oleh panitia pelepasan adalah untuk tidak memakai lampu blitz saat memotret tukik dan untuk tetap berdiri di belakang garis yang sudah ditentukan.

Alhamdulillah acara berlangsung tertib. Semua tukik sudah kembali ke laut tepat sebelum matahari menghilang di balik horizon. Ini adalah pengalaman pertama saya melihat dan memegang secara langsung penyu yang baru menetas. Walaupun saya tidak banyak melakukan kegiatan penyelamatan lingkungan, tapi bergabung bersama OTAP adalah salah satu hal kecil yang bisa saya lakukan untuk ikut menjadikan bumi lebih baik. Tertarik bergabung dengan OTAP?

20140116-IMG_7664

Biarkan aku hidup

20140116-IMG_7669

Perjuangan dimulai dari sini

20140116-IMG_7670

Semangat! Sebentar lagi sampai rumah..

20140116-IMG_7657

The Planet of Turtles