Rumah Makan Mesir, Cita Rasa Timur Tengah di Kota Batu


Menjajal kuliner saat berkunjung ke suatu tempat wajib hukumnya bagi saya. Baik kuliner yang khas dan asli daerah tersebut maupun yang bukan. Salah satunya saat saya dan istri berkunjung ke Kota Wisata Batu, Jawa Timur, kami mencoba kuliner bercita rasa timur tengah di Rumah Makan Mesir.

Berawal dari rekomendasi seorang teman yang berdomisili di Kota Malang, dan kebetulan kami suka ingin mencoba sesuatu yang baru, tertariklah kami mencoba mengecap cita rasa timur tengah di rumah makan yang berada dekat dengan alun-alun Kota Batu ini. Mengandalkan google, kami mencari lokasi rumah makan ini dan berhasil berkunjung sesaat setelah tempat ini buka.

20140910-IMG_9660

Seporsi kambing oven

Menu makanan di rumah makan ini dibagi menjadi 4 jenis menu. Yaitu menu kambing, menu sapi, menu ayam, dan menu campur. Saya memang belum pernah makan di restoran bertema timur tengah sebelumnya. Jadi saya tidak tahu makanan apa yang menjadi khas timur tengah. Melihat daftar makanan di menu, saya langsung tertarik memesan menu kambing. Cuaca yang dingin di kota Batu tentu akan menjadi lebih hangat jika saya makan menu kambing. Alasan lain, menu sapi dan menu ayam yang ditawarkan di sini kurang timur tengah. Masak saya mau pesan nasi rawon, rendang, atau soto ayam di restoran yang mengaku timur tengah?

Saya agak bingung memilih menu kambing karena semuanya terlihat enak. Ada kepala kambing, gule kambing, semur kambing, nasi kapsah, dan nasi samin yang menarik perhatian saya. Setelah bertanya agak panjang tentang menu ini kepada pelayan rumah makan ini, pilihan saya berakhir pada 1 porsi kambing oven. Sedangkan istri saya memesan 1 porsi sup kambing.

Tak lama menunggu, pesanan kami pun datang. Penampakan kambing oven yang saya pesan cukup menarik, sepotong daging kambing berukuran cukup besar terbungkus aluminium foil tersaji di piring oval ditemani dengan saus kecap layaknya saus sate beserta potongan sayur mayur. Begitu terbuka aluminium foil-nya, uap panas masih mengepul dan aroma harum menggoda selera. Jika banyak masakan berbahan dasar kambing masih beraroma prengus khas kambing, namun tidak bagi menu kambing oven ini. Aroma tidak sedap daging kambing tidak tercium sama sekali. Tak sabar, daging saya ambil sedikit menggunakan garpu. Tanpa saya cocol saus, langsung saya makan. Dagingnya lumer di mulut. Empuk dan juicy. Rasanya gurih khas daging kambing muda. Ditambah saus kecap, lidah saya rasanya sangat gembira. Enak sekali. Suapan demi suapan tak sampai menunggu lama sampai hidangan ini tandas di depan saya.

20140910-IMG_9661

Penampakan depan rumah makan

Begitu pula menu sup kambing yang dijajal istri saya. Empuk dan juga gurih. Namun kurang bercita rasa timur tengah. Bumbu supnya tidak jauh berbeda dengan sup lain yang pernah saya rasakan sebelumnya. Soal rasa, mungkin disesuaikan dengan lidah orang lokal. Seporsi kambing oven yang dibanderol seharga Rp. 40.000,- dan Rp. 25.000,- untuk sop kambing terasa sepadan dengan rasanya.

Jika sedang berada di kota Batu, sila mencoba cita rasa Timur Tengah di sini

Rumah Makan Mesir
Jl. P. Diponegoro No. 32
Kota Batu, Jawa Timur