Bara dan Favehotel Braga

Apa yang menjadi pertimbangan utama kalian dalam memilih hotel saat traveling? Kalau saya sih lokasi. Apalagi setelah saya dan istri mempunyai bayi, lokasi hotel yang strategis menjadi pertimbangan utama kami untuk menginap saat traveling. Begitu pula ketika kami memutuskan liburan keluarga di Bandung. Traveling bersama Bara, bayi kami yang berusia 5 bulan, tentu kami tidak ingin repot memikirkan transportasi selama di Bandung. Karena hanya ingin bersantai di akhir pekan, kami memfokuskan berwisata dalam satu wilayah saja.

Braga menjadi pilihan kami. Dan, hotel paling strategis untuk menginap di kawasan Braga adalah Favehotel Braga, sebuah budget hotel yang dikelola oleh grup Aston. Di sanalah kami menginap selama 2 hari 1 malam. Terletak di Jalan Braga, tepatnya di dalam mall Braga City Walk, Favehotel Braga adalah pilihan tepat bagi kami. Ingin mengeksplorasi kawasan kota tua di sekitar Braga, tinggal jalan kaki dari Favehotel Braga. Pertimbangan kami, kalau capek jalan atau mendadak Bara rewel dan ingin tidur-tiduran, kami tinggal balik lagi ke hotel. Apalagi, ini adalah pengalaman pertama kali Bara menginap di hotel.

Bapak dan anak menikmati istirahat

Selain lokasinya yang berada di pusat jalan Braga, letaknya yang berada di dalam mall menjadi keunggulan tersendiri. Braga City Walk adalah mall yang didominasi oleh restoran dan tempat makan. Berbagai macam kuliner, mulai dari yang western, nusantara, makanan cepat saji, maupun sajian khas lokal Bandung tersedia di sana. Selain wisata sejarah, bisa kan sekalian berwisata kuliner di sini?

Ruangan standar milik favehotel cukup longgar untuk kami bertiga. Ya, kami memang tidak perlu kamar yang luas, namun yang penting nyaman. Dan Favehotel sudah berhasil menawarkan kenyamanan yang kami inginkan. Bara saja langsung sumringah sambil bermain-main dengan bantal kecil berwarna pink yang disediakan di ruangan. Bahkan, rencana kami berwisata di hari pertama terpaksa tertunda beberapa waktu karena saking nyamannya, Bara pulas tertidur sampai sore hari.

Lagi-lagi saya merasa sangat tepat memilih menginap di Favehotel saat kami menikmati pagi hari menyusuri Jalan Braga, Jalan Asia Afrika, Alun-alun Masjid Agung, dan Pasar Baru. Lokasi tersebut masih berjarak tempuh jalan kaki dari Favehotel, sehingga rasa capek menggendong Bara langsung bisa terobati begitu berbaring di atas kasur sambil nonton TV yang berisi berbagai channel luar dan dalam negeri.

Satu-satunya kekurangan (jika bisa disebut kekurangan) adalah kami sedikit kesusahan saat memandikan Bara, walaupun mungkin hal itu karena kami saja yang belum terbiasa memandikan Bara tanpa ember kesayangannya di rumah. Wastafel yang lubang pembuangan airnya tidak bisa ditutup membuat kami tidak bisa menampung air cukup lama. Jika wastafelnya lebih besar dan lubangnya bisa ditutup, mungkin akan lebih nyaman bagi kami. Apalagi jika cukup besar untuk Bara nyemplung. Ya kali ada wastafel segede ember bayi. Hehehe..

Bagi kami, saat traveling bersama balita, kenyamanan hotel menjadi hal yang sangat penting demi suksesnya liburan. Dan kenyamanan itu cukup kami dapatkan dari pengalaman kami menginap di Favehotel Braga. Secara umum layanan di Favehotel Braga cukup bagus. Bahkan menu sarapan pun cukup bervariasi dibanding menu di budget hotel lain. Sayang, dalam review ini tidak banyak foto di Favehotel Braga. Saking sibuknya mengurusi dan bermain dengan Bara, jadi terlupa mengambil beberapa foto interior kamar dan menu sarapannya.

Bara langsung main sama bantal kecil fave