Mengunjungi Taman Poci Dan Monumen Bahari, Ikonnya Kota Tegal


Kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki lokasi yang strategis karena berada di jalur Pantura sebagai jalur perekonomian dan perdagangan lintas nasional dan regional serta memiliki persimpangan jalur utama yang menghubungkan kota ini dengan kota-kota lain di bagian selatan Pulau Jawa.

Jarak kota yang  berjarak dengan Semarang kurang lebih 165 km ini memiliki curah hujan minim sehingga rata-rata suhu di  wilayah ini mencapai 35ᵒ Celsius. Hal ini juga didukung dengan posisi Kota Tegal yang berada di tepi laut sehingga mempunyai iklim yang panas.

11

Tegal Kota Bahari (credit: skyscrapercity.com)

Kota Tegal selain dikenal sebagai kota warteg juga dikenal sebagai kota bahari dan menjadi kota penghasil ikan laut terbesar ketiga setelah Pekalongan dan Rembang di Provinsi Jawa Tengah. Di kota ini juga terdapat Monumen Bahari sebagai ikon kota selain Taman Poci. Dua ikon tersebut menjadi obyek wisata andalan Kota Tegal yang menarik bagi wisatawan.

Monumen Bahari

Kota Tegal dikukuhkan sebagai kota bahari  selain karena letak geografisnya yang berada di pesisir pantura Jawa Tengah juga karena menjadi tempat didirikannya Badan Keamanan Rakyat – Laut (BKR Laut) pada masa kemerdekaan yang menjadi cikal bakal lahirnya TNI Angkatan Laut.

Perwujudan penghargaan terhadap jasa-jasa pendahulu sebagai peletak dasar kebaharian di Tegal dilakukan dengan cara membangun Monumen Bahari yang berada di areal Pantai Alam Indah Kota Tegal pada tanggal 20 Desember 2008.

Monumen ini didirikan di atas lahan seluas 12.000 meter persegi dengan luas bangunan mencapai 5.000 meter persegi. Bangunan fisik tersebut diisi dengan berbagai alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AL yang sudah tidak terpakai.

Alat-alat tersebut disumbangkan oleh TNI AL yang terdiri dari kendaraan tempur tank PT 76, kendaraan Pintam BRDM, pesawat udara Nomad N-22, meriam darat, bouyance, lampu navigasi, jangkar dan rantai, ranjau tanduk serta torpedo MK 44.

12

Monumen Bahari (credit: berita.suaramerdeka.com)

 

Monumen ini menjadi wisata edukasi unggulan yang tidak dimiliki kota lain yang bermanfaat bagi keluarga sekaligus mengenalkan rasa cinta tanah air dan semangat bela negara melalui pengenalan alutsista TNI AL.

Dengan berlokasi di kawasan Pantai Alam Indah, menjadikan monumen ini destinasi wisata menarik lainnya bagi wisatawan maupun masyarakat sekitar yang berwisata ke pantai ini.

Taman Poci dan Tahu Aci Tegal

Walaupun Kota Tegal merupakan kota yang berada di dataran rendah yang notabene tidak memiliki perkebunan teh, namun, kota ini memiliki tradisi minum teh yang sangat kental dibandingkan kota-kota lain di pesisir utara Jawa Tengah. Bahkan pabrik teh besar berada di kota yang terkenal dengan bahasa ngapaknya yaitu pabrik Teh 2 Tang, Teh Tong Tji, Teh Cap Gopek dan Teh Poci yang sudah berdiri sejak tahun 1940.

Kentalnya budaya minum teh tersebut ditunjukkan dalam sebuah taman bernama Taman Poci. Taman ini dibangun dengan kerjasama Kota Tegal dan Kabupaten Tegal untuk menyediakan lahan publik serta didukung perusahaan telekomunikasi sebagai penyedia layanan hotspot yang berlokasi persis di depan stasiun Tegal dan sebuah hotel bintang tiga sehingga memudahkan anda untuk mencari penginapan.

Bangunan taman diapit dua replika benda yang menjadi ciri khas Tegal yaitu replika poci di sebelah kanan dan replika tahu aci di sebelah kiri. Kedua replika ini bahkan masuk ke dalam rekor MURI karena ukurannya yang sangat besar.

Di dalam taman terdapat bangunan utama yang menyerupai kapal layar yang besar. Layarnya menjulang tinggi yang bisa dinaiki hingga ke puncak yang memiliki bentuk lingkaran dan dijadikan tempat untuk melihat pemandangan ke sekeliling taman.

Setelah membayar tiket masuk ke dalam bangunan, anda akan melihat tiga ruangan yang terdiri dari Ruang Poci, Ruang Bahari dan Ruang Tahu Aci. Informasi mengenai sejarah berdirinya Tegal, budaya, bahasa bahkan peta investasi tersedia lengkap di Ruang Poci.

Ruang Bahari merupakan tempat pertunjukan kesenian tradisional seperti Ebeg, Kuda Lumping, tari tradisional, permainan tradisional dan lainnya. Untuk anda yang ingin mendapatkan informasi tempat wisata di Tegal, Ruang Tahu Aci menyediakannya dengan lengkap.

13

Tugu Poci (credit: tugupoci.blogspot.com)