Hidup Sehat Bersama SehatQ.com


Jadi orang tua itu harus perlu selalu belajar. Tak ada sekolah untuk menjadi orang tua. Bahkan bisa dibilang tak ada pendidikan formal dan pelajaran khusus untuk menjadi orang tua. Bayi ketika lahir pun tak dilengkapi buku manual layaknya alat elektronik yang kita beli di mall.

Saya jadi ingat di hari pertama Bara, anak saya, lahir. Jangankan membedong, mengganti popok saja saya kesulitan. Apalagi kalau sudah nangis, panik duluan saya. Hari pertama jadi seorang bapak, pernah suatu dini hari Bara nangis kenceng banget. Saya kira dia sakit kenapa gitu. Sampai saya bangunin perawat yang ketiduran di ruang jaga. “Kalau bayi nangis dicek dulu Pak popoknya basah atau enggak. Kalau enggak basah berarti kemungkinan ia lapar. Silakan disusui ibunya”, saya diceramahi begitu sama perawat.

1024x768 Penyakit

Informasi penyakit di SehatQ

Belum lagi kalau anak sedang sakit. Clueless banget deh buat saya yang enggak punya background ilmu kesehatan. Saat usia 1 tahun dulu Bara pernah demam tinggi. Suhu badannya naik turun, tiap minum ASI muntah, diminumi obat penurun panas juga muntah. Nangis sehari semalam. Bingung, kalut, dan panik jadi satu. Tak tahu sakit apa. Akhirnya kami putuskan untuk rawat inap di rumah sakit. Karena dehidrasi, langsung ia diinfus. Hasil cek darah dan pemeriksaan dokter ternyata Bara sakit tifus atau demam tifoid. Dan yang namanya tifus tentu kumat-kumatan. Sampai sekarang usianya 4 tahun, Bara sudah pernah rawat inap di rumah sakit karena tifus sebanyak 4 kali.

Seiring berjalannya waktu, kini menghadapi masalah kesehatan anak dan keluarga sudah tak panik lagi. Apalagi setelah ada sehatq, sebuah website yang menasbihkan diri sebagai asisten kesehatan keluarga. Sehatq tak hanya menyediakan informasi kesehatan yang jelas tetapi dilengkapi pula dengan referensi yang kredibel dari para ahli. Selain itu juga terdapat platform komunitas bagi pengguna untuk saling berbagi informasi. Tak hanya itu, sehatq juga menyediakan layanan yang dapat menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan.

1024x768 Artikel

Artikel kesehatan di SehatQ

Kalau saya sendiri paling sering memanfaatkan menu direktori penyakit dan informasi obat di sehatq karena sangat lengkap dari A sampai Z. Misalnya informasi penyakit, tersaji dengan bahasa yang enak dan gampang dimengerti oleh awam. Mulai dari pengertian, gejala, penyebab, diagnosis, faktor risiko, pengobatan, sampai pencegahan dan informasi dokter tersaji lengkap. Pun dengan informasi obat, dari indikasi penggunaan obat, dosis, komposisi, efek samping, kontradiksi, sampai interaksi juga tersedia lengkap.

Dengan membaca informasi yang lengkap tentang kesehatan di sehatq, bukan berarti kita tak perlu dokter ya. Bagi saya sih informasi penyakit dan obat itu hanya sebagai deteksi dan pengetahuan awal diri sendiri. Keputusan tindakan kesehatan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Sesuai dengan pengakuannya sebagai asisten kesehatan keluarga, sehatq juga menyediakan forum tanya jawab secara online yang dijawab langsung oleh tim dokter. Walaupun tentu saja, konsultasi tatap muka langsung dengan dokter tetap diperlukan untuk kasus-kasus kesehatan yang memerlukan observasi lebih lanjut.

1024x768 Sosmed SehatQ

Akun sosial media SehatQ

Pas lagi sehat dan bugar juga tetap seru lho berkunjung ke sehatq. Karena sehatq juga menyediakan artikel kesehatan. Misalnya tentang gaya hidup sehat, kehamilan, parenting, olahraga, dan lain-lain. Abis baca artikel-artikel tersebut dijamin deh jadi lebih peduli sama kesehatan diri sendiri dan orang-orang terdekat.

Tertarik untuk tahu lebih lanjut tentang sehatq? Bisa kepoin akun sosmed mereka aja ya. Instagram di @sehatq_id, Twitter di @sehat1, dan Facebook di SehatQ. Yuk mulai hidup sehat bersama Sehatq.

Iklan