Waduk Keuliling, Dua Setengah Tahun Lalu


Tahu kan tentang Waduk Keuliling yang gagal saya capai di perjalanan bersepeda sebelumnya? Januari 2011, seminggu setelah ulang tahun saya, adalah pertama kali saya menjejak ke sana. Perjalanan ke sini sebenarnya cukup impulsif. Bosan dengan kegiatan di akhir pekan yang tidak jauh-jauh dari bergumul dengan bantal, guling, dan kasur, saya mengajak seorang kawan untuk plesir. Ke mana saja, asal jauh dari kegiatan tidak produktif dalam kamar. Gayung bersambut, kawan saya menyanggupi untuk berplesiran.

Tujuan plesiran hari Sabtu menjelang siang itu adalah sebuah waduk yang berada di Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar. Karena sama-sama belum pernah ke sana dan mengurangi resiko nyasar, kawan saya mengajak seorang kenalannya yang tinggal di Indrapuri.

Walaupun awan mendung tampak berarak, entah kenapa cuaca begitu panas sesampai di waduk. Mungkin karena tepat tengah hari kami berkunjung ke sana. Pemandangan saat itu terlihat indah karena kebetulan air waduk cukup melimpah. Tak banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Tampak penggemar kegiatan memancing menuntaskan hobi mereka dengan khusyuk. Selain menyesap pemandangan waduk yang dikelilingi perbukitan, saya hanya duduk-duduk saja di sebuah warung sambil menikmati rujak Aceh. Suasana siang itu pun sepi. Mungkin tempat ini dua tahun lalu belum terlalu hit. 

Walaupun indah, berdasarkan cerita dari Bapak penjual rujak, rupanya waduk ini tidak bersahabat bagi pengunjung yang suka mandi-mandi air di waduk. Sudah sering terjadi kecelakaan tenggelamnya pengunjung yang mencoba-coba untuk berenang di waduk ini. Waduk yang dibangun selama 8 tahun dari tahun 2000 – 2008 ini memiliki tujuan utama untuk irigasi pertanian.

Terkadang, hanya melihat-lihat pemandangan saja membuat bosan juga. Usai menandaskan rujak, kami beranjak dari sana. Walaupun sejenak, perjalanan impulsif berkunjung ke Waduk Keuliling ini cukup untuk menuntaskan rasa penasaran dan menjauhkan diri dari kegiatan monoton di kamar kos.

20110108-IMGP1475

Mendung tak berarti hujan

20110108-IMGP1518

Derasnya air waduk

20110108-IMGP1509

Air di penampungan mengalir ke sungai

20110108-IMGP1519

Para penggemar kegiatan memancing

20110108-IMGP1521

Walaupun mendung, terlihat panas bukan?

20110108-IMGP1497

Saya, dua setengah tahun lalu. Masih kurus euy 😀

Iklan