Cara Aman Menggunakan Kartu Kredit


Saat ini sudah banyak sekali penipuan kartu kredit, jika hal itu terjadi pada kita sudah pasti akan sangat mengesalkan. Penipuan yang marak terjadi yaitu karena kartu kredit tersebut bisa digunakan untuk berbelanja barang dengan harga yang mahal sekalipun. Karena itulah, kartu kredit Anda harus dijaga dengan baik kerahasiaannya.

Lalu, bagaimana cara aman menggunakan kartu kredit agar bisa menekan resiko yang tidak diinginkan?

Penipuan yang cukup populer yaitu dilakukan dengan cara skimming. Oknum orang-orang tidak bertanggung jawab tersebut melakukan aksinya ketika Anda menggunakan kartu untuk berbelanja. Biasanya mereka akan menggesekkan kartu Anda pada mesin pembayaran yang telah dilengkapi alat skimmer. Dari situlah si pelaku akan mendapatkan semua data mengenai kartu kredit Anda dan bisa dimanfaatkan sesuka hati oleh pelakunya.

Sumber: Pexels.com

Cara Aman Menggunakan kartu Kredit Agar Terhindar dari Penipuan

Meskipun memiliki penawaran yang menarik dan memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Kartu kredit juga rentan terhadap berbagai aksi kejahatan yang sangat merugikan bagi pengguna kartu. Untuk itu, sebagai pengguna maka Anda harus menjaga kerahasiaan dan berhati-hati dalam bertransaksi. Ada beberapa cara aman yang bisa Anda terapkan dalam menggunakan kartu kredit. Yuk, simak selengkapnya.

  1. Waspada dalam bertransaksi

Ketika bertransaksi, Anda harus selalu waspada karena pada kesempatan inilah yang paling mudah terkena penipuan. Pastikan Anda melakukan semua proses transaksi dengan lebih teliti. Jangan pernah membiarkan kasir membawa credit card Anda tanpa sepengetahuan.

Sebaiknya jangan pernah mempercayakan kartu kredit Anda kepada orang lain. Selalu cek secara detail dalam proses transaksi, jika terdapat suatu kejanggalan maka jangan melanjutkan transaksi tersebut.

2. Membayar tagihan dengan teliti

Pemegang credit card akan dikenakan biaya bulanan secara rutin berdasarkan semua transaksi yang sudah dilakukan. Banyak orang yang langsung membayar tanpa mengecek daftar tagihan. Kebiasaan seperti itu bisa menjadi penyebab utama Anda menjadi korban penipuan.

Jadi sebelum melakukan pembayaran, sebaiknya teliti secara detail dan segera melaporkan ke bank jika terdapat daftar tagihan yang mencurigakan di kartu kredit anda. Selain itu, Anda juga harus selalu menyimpan struk bukti transaksi agar bisa dicocokkan dengan jumlah tagihan.

Sepertinya memang repot, namun jika Anda mau melakukannya dengan baik dan konsisten maka Anda bisa terhindar dari tindakan penipuan.

3. Jangan pernah membagi data credit card

Belanja online memang suatu hal yang praktis dan menyenangkan, karena proses transaksinya sangat simple dan kemudahan dalam mencari barang yang dibutuhkan. Meskipun begitu, Anda harus hati-hati dalam melakukan transaksi. Pasalnya beberapa online shop akan meminta pengguna kartu untuk memasukkan beberapa data mengenai kartu kredit agar bisa melakukan pembayaran.

Sebelum melakukan transaksi, sebaiknya Anda harus mengetahui dan yakin bahwa toko tersebut memiliki reputasi yang baik dan bukan abal-abal.

4. Kartu kredit harus ditandatangani

Sama seperti kartu debit, dibelakang kartu ini biasanya terdapat bagian warna putih yang harus ditanda tangani untuk mengurangi resiko kejahatan. Karena banyak orang yang menyepelekan hal ini dan membiarkan kartu kredit tanpa tanda tangan.

Jika Anda tidak ingin hal itu terjadi pada Anda, maka segera tandatangani dulu baru Anda gunakan untuk melakukan transaksi, maka itu sah-sah saja.

5. Menggunakan nomor pin

Bank Indonesia saat ini sudah menambahkan fasilitas tambahan untuk pemegang kartu kredit yaitu dengan menambahkan nomor pin. Sebelumnya, ketika melakukan transaksi Anda hanya membutuhkan tanda tangan saja pada bukti transaksi, namun kini Anda dapat menggunakan pin saat bertransaksi.

Dengan menggunakan pin, maka lebih praktis dan tentunya juga lebih aman.

Langkah yang Tepat Menggunakan Kartu Kredit Bagi Pemula

Bagi Anda yang masih pertama kali menggunakan credit card, maka harus memiliki komitmen yang kuat dan lebih bijak saat menggunakannya untuk bertransaksi. Untuk itu, maka Anda disarankan untuk menerapkan langkah-langkah berikut agar lebih aman.

  • Pilih kartu kredit sesuai dengan kebutuhan

Ada banyak sekali jenis credit card yang bisa Anda jadikan pilihan. Dimana masing-masing kartu memiliki kelebihan dan dan memberikan manfaat yang berbeda antara kartu satu dengan yang lainnya.  Agar memberikan banyak manfaat bagi Anda, maka pilih kartu kredit yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya saja, bagi Anda yang sering melakukan travelling maka akan lebih aman jika menggunakan credit card dibandingkan membawa uang tunai karena terdapat banyak resiko. Selain itu, biasanya juga ada banyak penawaran menarik seperti untuk pembelian tiket pesawat, melakukan reservasi hotel, fasilitas di ruang tunggu dan masih banyak lagi yang mendukung rutinitas Anda.

Dengan memilih jenis kartu yang tepat, maka Anda bisa mendapatkan manfaat dengan lebih maksimal terutama penawaran-penawaran menarik yang akan memberikan banyak keuntungan.

  • Pilih satu jenis kartu kredit

Bagi pemula, sebaiknya hanya menggunakan satu jenis kartu saja. Menggunakan kartu kredit dalam jumlah banyak akan membuat Anda bingung dengan sejumlah tagihan yang harus dibayar, karena tanggal waktu pembayarannya juga berbeda-beda.

  • Hindari melakukan tarik tunai

Kartu kredit sangat berbeda dengan kartu debit yang dapat digunakan kapan saja untuk tarik tunai di mesin ATM saat membutuhkan. Kartu kredit juga bisa digunakan untuk tarik tunai, namun biayanya cukup besar sekitar 4% atau minimal 50 ribu. Maka dari itu pertimbangkan kembali jika Anda ingin melakukan tarik tunai menggunakan kartu ajaib tersebut.

Jika Anda masih ragu dan belum jelas dalam menggunakan kartu kredit yang aman. Maka Anda bisa menggunakan layanan cekaja.com pada link berikut ini https://www.cekaja.com/kartu-kredit/

Cekaja.com adalah salah satu platform toko online yang memberikan pelayanan maksimal untuk melayani pengajuan kartu kredit dengan cara online. Anda bisa melakukan konsultasi untuk bisa mendapatkan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda pun akan mendapatkan layanan dari pakar profesional perbankan, sehingga Anda bisa mendapatkan solusi terbaik.