#GAWisataDaerahmu: Potensi Wisata yang Unik dari Daerahmu


Saya percaya bahwa daya tarik wisata yang dimiliki Indonesia sangat beragam, sangat kaya, dan sangat berpotensi besar dalam mengeruk devisa negara.  Sebut saja Bali, Lombok, Raja Ampat, Yogyakarta, Pulau Komodo, dan tempat-tempat terkenal lain di Indonesia. Dan saya pun percaya sebenarnya potensi yang dimiliki Indonesia jauh lebih banyak daripada itu. Namun terkadang kita sendiri, orang-orang yang tinggal dan hidup di Indonesia, yang kurang menyadari potensi wisata di daerah kita sendiri.

20150125-IMG_0666

Salah satu motif Batik Bakaran

Seperti halnya saya. Saya berasal dari Pati, Jawa Tengah. Jika ada teman yang bertanya daya tarik wisata apa yang dimiliki oleh Pati, saya pun bingung menjawabnya. Sedikit sekali destinasi wisata yang ada di Pati. Tapi sebenarnya, jika mau lebih dekat dan jeli melihat, hal-hal yang dianggap biasa bisa menjadi potensi wisata daerah masing-masing lho.

Baru sekarang-sekarang saja saya menyadari bahwa Pati memiliki potensi wisata dari karya seni dan budaya yang berbentuk kain batik. Haaa? Emang di Pati ada batik?

Adalah sebuah desa di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati bernama desa Bakaran Wetan dan Bakaran Kulon yang cukup terkenal, paling tidak dalam lingkup Kabupaten Pati, memiliki kerajinan batik yang khas dan berkualitas. Mungkin bagi saya yang sedari kecil tak asing dengan batik ini, merasa biasa saja dan baru sadar kalau ini bisa menjadi potensi wisata sejak saya menikah dengan seorang perempuan yang berasal dari desa Bakaran Wetan.

Batik Bakaran ini adalah batik tulis yang memiliki motif dan warna yang khas. Beberapa motif  yang sudah dipatenkan adalah sidomukti, beras kecer, dan dele kecer. Untuk warna, biasanya terdiri dari warna hitam, sogan (cokelat muda), plus warna terang.

Selain memiliki daya tarik wisata belanja batik, sebenarnya industri Batik Bakaran yang adalah industri rumahan ini memiliki potensi lainnya. Yaitu wisata belajar membatik dan wisata melihat proses membuat batik seperti yang mungkin sudah ada di kota-kota besar seperti Solo dan Yogyakarta. Namun sampai sekarang belum tergali dengan baik.

Selain kerajinan batik, desa Bakaran juga memiliki kesenian khas yaitu ketoprak. Dulu waktu saya kecil, jika ada acara sunatan, nikahan, atau perayaan sedekah bumi di tempat tinggal saya, sering sekali ada pertunjukan ketoprak dari desa Bakaran ini.

Unik dan tak banyak orang tahu bukan?

Saya jadi penasaran sama potensi-potensi wisata yang unik di daerah-daerah lain. Ada apa sih potensi wisata di daerah kamu yang belum banyak orang tahu? Selain untuk referensi saya jika ingin traveling ke daerah-daerah lain, bisa juga lho untuk mempromosikan wisata daerah teman-teman. Yuk berbagi di sini dan ikutan giveaway Wisata Daerahmu. Dapatkan 2 lembar kain Batik Bakaran untuk 2 orang pemenang.

20150125-IMG_0665

Ini lho hadiahnya.. Sama 1 lagi gambar yang di atas itu 😀

Cara ikutan Giveaway Wisata Daerahmu:

  • Peserta berdomisili di INDONESIA.
  • Ceritakan secara singkat tentang daya tarik wisata di daerah kamu yang unik dan khas (bisa wisata alam, sejarah, budaya, seni, kuliner, atau apa saja deh TERSERAH yang penting potensi wisata dari daerah di INDONESIA) via comment di bawah postingan ini.
  • Bila peserta memiliki foto potensi wisatanya, silakan kirim link dalam kolom komentar, nanti akan saya post-kan fotonya di media sosial
  • Share postingan giveaway ini melalui media social seperti Facebook, Twitter, G+, dll (bisa dipilih salah satu), mention dan follow akun saya @buzzerbeezz (khusus yang punya twitter), bisa juga dilengkapi dengan twitpic atau foto dengan hashtag #GAWisataDaerahmu
  • Lengkapi komentarmu dengan data berupa nama, akun media sosial: bisa twitter, facebook atau G+ (biar bisa dihubungi saat menang), alamat blog (kalau ada, biar saya bisa nambah lokasi buat blogwalking), dan domisili.
  • Semua jawaban yang masuk akan saya twitkan dengan mention kepada Anda (bila menyertakan akun twitter). Ini adalah inti dari diadakan #GAWisataDaerahmu, yaitu saling membagikan informasi di jejaring sosial tentang potensi wisata daerah yang belum tergali.
  • Giveaway ini berlangsung mulai dari tanggal 26 Januari – 14 Februari 2015
  • Semua peserta yang telah memenuhi syarat, akan diundi untuk menentukan pemenang.
  • Pengumuman dilakukan beberapa hari setelah deadline.

Contoh:

Nama : Ari Murdiyanto Akun : @buzzerbeezz Domisili : Pati, Jawa Tengah

Batik Bakaran menjadi salah satu daya tarik wisata yang ada di desa Bakaran Wetan dan Bakaran Kulon, Kecamatan Juwana, Pati. Batik yang dipakai untuk seragam PNS se-Kabupaten Pati pada hari tertentu ini sudah ada turun temurun sejak dahulu di masyarakat desa Bakaran. Saat ini, bukan hanya masyarakat lokal saja yang tertarik dengan batik ini, tetapi juga sudah merambah ke pasar luar negeri.

Gampang bukan? Yuk ikutan 😀

Note: Oh iya, titipan istri nih, numpang lapak jualan.. Jika berminat beli kain Batik Bakaran, bisa menghubungi istri saya @Nenny_45as. Atau, menghubungi melalui saya juga boleh. Harganya terjangkau deh pokoknya 😀

Ikuti juga #GAWisataDaerahmu dari teman-teman saya berikut ini:

Iklan