Jual Rumah di Bandung via Agen Properti atau Mandiri, Ini yang Perlu Diketahui!


jual-rumah-di-bandungMenjual properti bisa dibilang menjadi hal yang tak begitu mudah untuk dilakukan, apalagi kalau Anda menjual rumah bekas dan tidak berusaha maksimal dalam mempromosikannya.

Meski berada di kota besar seperti Bandung, tapi kalau tidak diiklan dengan benar, tetap saja properti yang Anda jual akan sulit laku.

Misalnya Anda mencoba jual rumah di Bandung, dan hanya memasang papan tanda “Dijual” di depan rumah. Artinya hanya orang yang lewat di depan rumahlah yang akan mengetahui rumah Anda dijual.

Sementara saat ini banyak media yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan properti yang tengah dijual ke siapa pun dan di mana pun, salah satunya adalah media online.

Namun, seperti yang dikutip dari laman jawapos.com, sebelum memasang iklan, ada beberapa tips bagi Anda yang ingin jual rumah di Bandung atau di mana pun.

Misalnya saja…

Mempersiapkan rumah secara menyeluruh. Jangan hanya memperbaiki kerusakan yang dianggap besar saja, tapi perhatikan juga yang kecil sekali pun.

Karena kalau calon pembeli sampai menemukan kekurangan ini, bisa saja mereka meminta keringanan harga.

Oya, selain diperbaiki, rumah juga perlu dibersihkan.

Ini tentunya untuk memberikan kesan yang baik pada pembeli. Bayangkan saja, jika pembeli datang untuk survei langsung ke rumah yang dijual, sementara kondisinya masih kotor atau berantakan…

Lalu kalau mau beriklan menggunakan media apa pun baik cetak maupun online, daya tarik utamanya adalah foto. Maka tak ada salahnya Anda menggarap foto secara serius alias tidak asal-asalan.

Kalau perlu gunakan perangkat fotografi yang standar atau kalau Anda tidak terlalu paham, minta tolong pada rekan yang memahami Teknik fotografi atau bahkan bisa menyewa jasa fotografer profesional.

Karena yang mengerti fotografi akan paham angle terbaik dari rumah yang membuat foto rumah tampak menarik sehingga layak dipasang dalam iklan promosi.

Tapi bicara membuat iklan properti yang menarik, bukan berarti Anda harus mengada-ada ya

Maksudnya buatlah iklan sejujur mungkin tapi juga menarik. Jadi tidak ada yang perlu dilebih-lebihkan atau ditutupi hanya untuk membuat calon pembeli tertarik.

Misalnya saat mengemas foto, karena dituntut harus menarik, bukan berarti Anda edit sampai tidak mewakili kondisi asli dari produk yang ditawarkan.

Lalu selain itu yang tak kalah penting adalah penentuan harga jual. Sesuaikan dengan pasaran.

jual-rumah-di-bandung-penentuan-harga

Untuk hal ini Anda bisa bertanya ke ahli properti seperti agen, atau bisa juga survei di lingkungan sekitar.

Dalam penentuan faktor harga, juga ada aspek lain yang harus diperhitungkan, misalnya saja lokasi dan luas rumah.

Namun di tengah banyaknya kompetitor yang menjual produk properti, bahkan mungkin properti yang masih baru tapi dengan harga bersaing.

Makanya Anda perlu strategi lebih agar iklan jual rumah di Bandung milik Anda menarik calon pembeli.

Jika Anda beriklan di media online seperti situs properti www.99.co/id, jangan biarkan listing diposting terlalu lama, karena ini hanya akan membuat pencari properti yang selalu melihat iklan Anda akan bertanya-tanya soal alasan rumah tidak terjual.

Bisa saja ini akan menimbulkan asumsi negatif lho, misalnya ada yang salah dengan rumah atau harganya kemahalan dan sebagainya.

Oya, mengiklankan properti di waktu tertentu juga bisa memberi pengaruh lho…

Beberapa ahli meyakini ada momen khusus saat jual beli rumah lebih ramai dari biasanya.

Di antaranya adalah saat kondisi politik stabil atau ketika kondisi perekonomian sedang bergairah. Secara umum Bulan Mei dinilai jadi waktu paling ramai untuk pasar properti.

Bagaimana?

Apa Anda mulai optimis untuk jual rumah di Bandung?

Kalau tidak, apalagi kalau Anda tidak punya banyak waktu untuk semua langkah-langkah di atas, maka ada baiknya Anda pakai jasa agen properti saja.

Alasan utama menggunakan jasa agen properti adalah karena lebih praktis.

Mereka akan mengurus segala hal terkait proses penjualan rumah. Termasuk mengiklan rumah di berbagai media, misalnya media online seperti situs jual beli properti.

Agen juga akan mengurus iklan dan memperbaharui iklan secara berkala.

Intinya dengan menggunakan jasa agen properti, Anda bisa terima beres deh!

jual-rumah-di-bandung-via-agen-properti

Alasan berikutnya adalah karena agen merupkan ahli yang lebih paham dalam menentukan nilai jual rumah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, penentuan harga menjadi langkah penting dalam jual rumah di Bandung maupun menjual properti pada umumnya.

Dan agen memiliki pengetahuan sangat baik dalam hal ini.

Selain itu, agen juga punya database klien yang bisa dijadikan pegangan dalam mencari pembeli yang potensial. Sehingga ini bisa juga mempercepat proses penjualan.

Hanya saja perlu diingat, untuk jasanya dalam mengurus semua hal sampai rumah terjual, agen properti harus diberi komisi yang besarannya sekitar 2% – 3% dari harga jual. Dan jika dinominalkan tentu saja ini bukan angka yang sedikit.

Jadi semuanya dikembalikan ke pilihan Anda ya…

Kalau Anda tetap tertarik untuk menggunakan jasa agen properti, ada lho tips dan langkah awal memilih agen properti, khususnya bagi Anda yang masih awam dalam proses jual beli properti seperti yang dikutip dari laman blog 99.co Indonesia.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan beberapa nama agen dari referensi, baik kepada keluarga, teman atau kenalan yang sudah memiliki pengalaman dalam menggunakan jasa agen properti tersebut, sehingga Anda juga bisa sekaligus menanyakan testimoni mereka.

Kemudian Anda bisa temui calon agen yang ada dalam list secara langsung. Pertemuan ini untuk menilai siapa yang paling cocok untuk bekerja sama dengan Anda.

Dan saat ini berlansung, jangan sungkan pula untuk mengajukan berbagai pertanyaan kepada para calon agen.

Tujuannya tentu untuk menggali seberapa berpengalaman dan mahir mereka, sehingga Anda bisa menilai apakah mereka mampu menjual properti Anda sesuai harapan.

Masih dari sumber yang sama, diungkapkan bahwa dalam menyeleksi agen properti, juga ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan…

Misalnya memastikan agen properti memiliki lisensi dan sudah terdaftar. Untuk ini, cari saja informasi seputar profil agen ini via online.

Lalu cari tahu prestasi dan profesionalitas mereka. Lebih dari itu pilihlah agen yang mengerti kebutuhan Anda sebagai klien.

jual-rumah-di-bandung-via-agen-properti-2

Masih dalam rangka mengetahui profil sang agen, periksa juga listing propertinya.

Dan lagi-lagi ini bisa Anda dapatkan melalui online, misalnya situs pribadi agen maupun situs perusahaan.

Melalui daftar listing ini, Anda bisa lihat apakah agen tersebut berpengalaman dalam menangani properti serupa, apakah kisaran harganya mirip dengan milik Anda.

Pastikan juga agen tersebut memiliki listing yang cukup banyak karena ini bisa jadi indikasi dia seorang seorang agen yang sukses.

Tapi juga jangan sampai terlalu banyak ya, karena bisa-bisa dia akan kesulitan membagi waktu untuk fokus menjual properti milik Anda.

Dan yang terakhir, percaya insting sendiri.

Karena Anda sudah menemui sang agen secara langsung, tentu Anda bisa menilai sendiri. Misalnya apakah Anda nyaman berinteraksi dengan agen tersebut, atau apakah agen cukup komunikatif dan mau mendengarkan apa yang Anda butuhkan.

Kalau Anda ingin mencoba menggunakan jasa agen properti seperti itu, pilih saja yang ada di list 99.co Indonesia. Di sana Anda bisa melihat profil sang agen dan jumlah properti yang dijual…

Jadi, mau jual rumah di Bandung secara mandiri atau menggunakan jasa agen properti?

Selamat mencoba ya!

Iklan