Give Away, Sebuah Perayaan Bagi Saya


Well, bukan bermaksud ngikut-ngikut beberapa blogger kondang seperti mbak Olive lho ya saya bagi-bagi give away ini. Tapi ya masak sih saya yang sering ikut give away di beberapa lapak tapi belum pernah membagikan sesuatu kepada teman-teman melalui blog ini. Bukankah tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah?

Sebenarnya sih saya sudah lama ingin bagi-bagi give away ke pengunjung setia blog ini. Tapi memang ingin mencari momen yang pas dulu. Dan saya rasa, momen sekarang ini sudah pas dan cocok sekali saya adakan give away. Alasannya adalah untuk merayakan dan memperingati hari-hari  berikut ini:

  • Yang pertama, untuk memperingati hari ini tepat blog ini berusia 2 tahun lebih 1 bulan dan 1 hari dan baru beberapa hari berubah menjadi dotkom. Agak maksa sih ya? Hahaha..
  • Kedua, untuk memperingati hari besok, 26 Desember bertepatan dengan peringatan 9 tahun kejadian tsunami di Bumi Serambi Mekkah. Cocok dengan beberapa hadiah yang berhubungan dengan kejadian tersebut.
  • Ketiga, untuk memperingati tanggal 4 Januari 2014, saat saya tepat berusia 27 tahun (yak, akhirnya saya ngaku juga kalau sudah tuaaa!). Kalau biasanya orang ulang tahun minta hadiah, kali ini saya ingin bagi-bagi hadiah.

Pasti sudah pada ngeh kan ya kalau isi blog saya ini gado-gado. Ada kisah-kisah perjalanan, ada pamer-pamer kartu pos, kadang ada review karya-karya orang lain, kadang juga ada curhatannya. Tapi ada porsi yang memang sengaja saya isi lebih banyak, yaitu tentang kisah dan foto perjalanan yang saya lakukan, tentang hobi saya bertukar kartu pos, dan tentang Aceh. Kenapa Aceh? Hmmm.. Ceritanya panjang tuh. Jadi gini ceritanya..

Pada awalnya, 5 tahun lalu saat saya mulai berdomisili di Aceh, image Aceh pasca tsunami dan konflik masih sangat jelek di pikiran banyak orang. Tak jarang saya sering ‘dikasihani’ sama banyak orang ketika saya pulang kampung ke Jawa sana. “Yang sabar ya penempatan di Aceh”, “Gak bisa cepet pindah Jawa ya?”. Kalimat-kalimat seperti inilah yang sering saya dengar yang tak jarang diikuti dengan tampang iba dan beberapa puk puk di bahu saya. Emang kenapa rupanya kalau saya penempatan kerja dan tinggal di Aceh? Selama ini saya baik-baik saja. Selama ini saya nyaman-nyaman saja. Bahkan, saya sangat kerasan di sini. Padahal lho ya yang mengasihani saya itu juga belum pernah ke Aceh. Tidak tahu bagaimana Aceh sesungguhnya. Haha.. Tapi ya gak nyalahin mereka juga sih ya. Maklum saja, budaya merantau memang bukan milik kami orang Jawa. Pedoman “mangan gak mangan asal ngumpul” sepertinya masih banyak dianut di Jawa, paling tidak di lingkungan sekitar kampung saya sana. Jadi jika ada yang merantau jauh biasanya mereka akan merasa kasihan. Padahal, tidak semua orang mau dikasihani.

Anyway, atas dasar ‘kasihan’ dari orang-orang sekitar itulah yang menyemangati saya untuk membagi hal-hal positif di Aceh. Dulu seringnya sih cuma upload foto-foto keindahan alam Aceh di facebook. Tapi 2 tahun terakhir ini saya cukup konsisten berbagi tentang Aceh lewat tulisan. Salah satu cara saya untuk membungkam orang-orang yang mengasihani saya. Dari 230 posts saya di blog ini, ada sekitar 90 posts saya tentang Aceh. Relatif banyak lah ya untuk ukuran 2 tahun nge-blog.  

Jadi, hadiah-hadiah yang akan saya bagikan ini cukup unik. Karena hadiahnya akan merepresentasikan saya. Sebagai orang yang sudah jatuh hati dengan Aceh, saya akan bagi-bagi beberapa album musik Aceh. Sebagai orang Jawa, saya akan membagi sebuah album musik Jawa. Sebagai orang Indonesia, saya akan membagi dua buah album musik keroncong khas Indonesia dari musisi hebat pada jamannya. Sebagai seorang pejalan dan travel writer (wanna be), saya membagi dua buah notebook dari negeri seberang. Dan yang terakhir, sebagai postcrosser postcrossing ambassador, tentu saya akan bagi-bagi kartu pos. Berikut rincian hadiahnya:

  • 2 buah CD album Rafly berjudul Hassan Hussein. Album ini adalah album pertama Rafly yang berisi lagu Aneuk Yatim—lagu yang pada tahun 2004 lalu sering diputar di televisi saat pemberitaan tsunami—.
  • 1 buah CD album Kande berjudul Asai Nanggroe. Kande adalah grup band bervokalis Rafly. Hit di album ini adalah Seulanga yang saya suka banget sama lagu ini.
  • 1 buah CD album Nyawoung Aceh berjudul Peumulia. Album yang berisi lagu-lagu tradisional Aceh lengkap dengan aransemen instrumen musik Rapai.
  • 3 buah VCD Rafly Atjeh Loen Sayang. Album ini berisi video-video klip kejadian tsunami tahun 2004 dengan iringan lagu-lagu milik Rafly.
  • 1 buah CD album Gendhing Dolanan Ni Thowong. Album ini saya beli di studio Lokananta. Berisi lagu-lagu dolanan dari Jawa seperti Ilir-ilir, Cublak-cublak Suweng, dll dengan aransemen karawitan.
  • 1 buah CD album Gesang berjudul Bengawan Solo. Siapa yang tak kenal musisi keroncong Gesang? Nikmati lagu-lagunya seperti Jembatan Merah dan Bengawan Solo langsung dari studio tempatnya merekam lagu, Lokananta.
  • 1 buah CD album Mengenang Sam Saimun Maryati. Album ini berisi kumpulan lagu tenar milik Sam Saimun dan Maryati. Sam Saimun adalah musisi Indonesia era 50-an yang memiliki suara vibrasi mirip Nat King Cole. Salah satu lagunya yang terkenal adalah Juwita Malam. Begitu pula Maryati, lagu-lagu keroncong miliknya juga ada di album ini. Total ada 21 lagu di album ini.
  • 1 notebook Melaka dan 1 notebook Penang. Notebook berukuran kecil ini di dalamnya terdapat ilustrasi-ilustrasi tempat-tempat bersejarah di kedua World Heritage milik Malaysia ini.
  • 6 buah kartu pos Living Museum dari Sawahlunto. Saya beli ketika saya berbulan madu ke Sawahlunto bersama istri beberapa waktu lalu.

20131224-IMG_7538

Tertarik memiliki salah satu di antara banyak hadiah di atas? Begini caranya:

  • Follow atau subscibe blog ini.
  • Isi komentar di bawah post ini. Komentar berisi saran, kritik, pujian, cacian, pendapat atau feedback apapun kepada saya tentang blog ini.
  • Lengkapi komentarmu dengan data berupa nama, alamat email, akun twitter, alamat blog (kalau ada).
  • Komentar paling menarik akan saya pilih menjadi pemenang.
  • Bisa dimungkinkan akan saya tambah hadiahnya jika yang ikut give away ini cukup banyak.

Periode give away ini adalah 25 Desember 2013 – 4 Januari 2014. Komentar ditunggu paling lambat pukul 23.59 pada 4 Januari 2014. Pengumuman pemenang akan saya lakukan pada tanggal 6 Januari 2014 lewat twitter saya @buzzerbeezz dan di blog ini. Selamat mengikuti dan semoga beruntung 😀

Iklan