Kekagumanku Pada Seulawah


Kemanapun aku menjelajah kota ini, sosokmu selalu menyapaku. Paling menjulang di antara barisan perbukitan yang mengelilingi kota. Terkadang malu-malu kau sembunyikan puncakmu di balik mega tebal. Terkadang kau unjuk diri memamerkan birumu saat dirgantara sedang sumringah. Setiap hari kerja, aku selalu mengagumi sosokmu dari sebuah jembatan di tengah kota. Sungai yang mengular menjauh seperti menghulu di badanmu. Walaupun aku berkendara roda dua, tiap melintas di jembatan itu, aku melambat. Mataku terpaku padamu.

Saat akhir pekan, biasa kukayuh sepeda menjauh dari hiruk pikuk kota. Pun kulihat sosokmu menyapa. Di antara persawahan, jalan berkelok, dan di balik padatnya bangunan perumahan yang semakin rapat, kau tetap mengintip. Bahkan, saat ku berada di daratan yang terpisah laut, sosokmu pun menyerobok pandangan. Kita sama-sama menyapa mentari menyingsing pagi itu. Aku dari tempat persembunyianku, di balik Benteng Jepang di atas tebing, kau dari pulau utama.

Di lain waktu, pernah kuabadikan sosokmu dalam lembar-lembar kartu yang kuterbangkan ke negara-negara asing. Pernah pula saat ku berada di atas burung besi yang meninggalkan kota ini, tampak puncakmu dari atas. Sayang, waktu itu tak bisa kuabadikan. Padahal itu adalah saat terindah kulihat sosokmu. Hijau, dipenuhi lebatnya wana. Kakiku pernah cukup dekat puncakmu, bahkan aku pernah bermalam tepat di kakimu. Tapi, bodohnya aku, tak berniat untuk sampai di puncakmu saat itu.

Padahal kau tidak terlihat angkuh. Dibanding dengan giri-giri lain yang berada di pulau ini, atau bahkan di negeri bercincin api ini, kau jauh dari kata jangkung. Namun, tetap saja kakiku belum menginjak puncakmu. Sekarang, saat sudah meniatkan diri ingin menggapai puncakmu, entah aku punya kesempatan ataukah nyali yang mengalahkanku. Wahai Seulawah yang kukagumi, bilakah aku berdiri di puncakmu?

20130906-IMG_6915

Seulawah, dari atas Escape Building

20131214-IMG_7468

Krueng Aceh mengalir seperti berhulu di Seulawah

20131214-IMG_7482

Persawahan hijau di kaki Seulawah

Hijau di kaki Seulawah

Seulawah di suatu pagi

Seulawah dalam selembar kartu pos

20130601-IMG_5189

Di sinilah, jarak terdekatku dengan Seulawah

Menunggu mentari pagi menyingsing dari balik Seulawah

(Seulawah adalah sebuah gunung api yang masih aktif, terletak di Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 1.810 m dpl. Terakhir erupsi pada tahun 1839).

 

Iklan