Memanjakan Perut Di Semarang


Berstatus sebagai ibukota provinsi Jawa Tengah, Semarang adalah kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia. Kota Semarang merupakan kota yang memiliki harmonisasi antara budaya Jawa dengan budaya Belanda, China dan Arab. Saat ini, Semarang semakin berkembang menjadi kota yang diminati para wisatawan baik untuk sekedar liburan ataupun perjalanan bisnis.

Masjid Agung, Pagoda Buddhagaya Watugong, Kleteng Tay Kak Sie, Gereja Blenduk, Air Terjun Kali Puncur, Rawa Pening, Curug Benowo, Kawasan Wana Wisata Penggaron, Candi Gedong Songo dan Gedung Lawang Sewu adalah sebagian dari banyaknya objek wisata yang dapat anda kunjungi di Semarang. Selain tempat wisata alam maupun tempat wisata bersejarah, Semarang juga dikenal memiliki kuliner khas yang tidak ditemukan di tempat lain. Lumpia Semarang, mie kopyok, dan tahu gimbal adalah 3 di antara banyak kuliner Semarang yang sanggup menggoyang lidah para wisatawan.

Lumpia Semarang

Kuliner ini adalah kuliner yang menjadi ciri khas kota Semarang. Rasanya ada yang kurang jika anda berkunjung ke Semarang tanpa mencoba kuliner yang satu ini. Lumpia Semarang merupakan kuliner khas peranakan China berbentuk rolade yang pada dasarnya berisi telur, rebung, udang atau daging ayam. Untuk menikmati kuliner ini, anda dapat datang ke wilayah Jalan Pemuda, Jalan Mataram, Gang Lombok dan Jalan Pandanaran yang merupakan sentra penjualan Lumpia Semarang.

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang Gang Lombok (dok. Pribadi)

Mie Kopyok

Mie kopyok adalah kuliner yang memiliki bahan utama berupa mie kuning, tahu goreng, ketupat, kecambah, daun seledri dan kerupuk gendar. Gurihnya kuah kaldu bercampur dengan bumbu bawang putih, garam, merica, dan kecap manis dalam mie kopyok ini sanggup menggoyang lidah siapa saja yang menyantapnya. Umumnya mie kopyok banyak dijual oleh pedagang kaki lima di setiap sudut kota Semarang. Namun, Mie Kopyok Pak Dhuwur di Jalan Tanjung adalah yang paling terkenal.

mie-kopyok-pak-dhuwur-semarang

Mie Kopyok Pak Dhuwur (sumber: ksmtour.com)

Tahu Gimbal

Gimbal merupakan bahan khusus yang menjadi ciri khas salah satu kuliner kota Semarang ini. Gimbal adalah sebutan untuk udang yang digoreng dengan tepung. Sesuai namanya, selain gimbal, kuliner ini dilengkapi dengan tahu goreng. Disajikan dengan bumbu kacang, kuliner ini memiliki pelengkap berupa rajangan kol mentah, lontong, tauge, telur dan petis udang. Ingin makan tahu gimbal? Monggo mampir di Jalan Pahlawan, sekitar Taman KB, dan depan Masjid Baiturrahman Semarang.

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal khas Semarang (photo by Nia Sari Nastiti)

Banyaknya berbagai macam objek wisata dan destinasi kuliner khas di kota ini tentu membuat anda semakin ingin menghabiskan waktu liburan anda di sana. Paket tour murah ke Semarang yang belakangan ini banyak ditawarkan, tidak ada salahnya anda coba. Sudah tak sabar untuk memanjakan perut di Semarang? Bisa dicek tiket pesawat promo Tiket2.com menuju ke sana.

Iklan