From Berlin to Indonesia, Missent to Malaysia


Every postcard has its own journey. Saya percaya setiap kartu pos yang saya terima dan kirim pasti melalui perjalanan yang berbeda. Ada berbagai proses di sana. Walaupun ketika saya mengirim selalu menyerahkan kartu pos kepada petugas loket kantor pos yang sama, belum tentu setelah itu kartu pos yang saya kirim melewati tangan-tangan yang sama. Seperti halnya 2 buah kartu pos yang saya kirim ke Moscow, Russia lebih dari sebulan lalu. Tujuannya sama-sama Moscow, namun yang 1 membutuhkan waktu 28 hari untuk sampai ke tangan penerima. Dan 1 lagi membutuhkan waktu 46 hari.

Lihatlah kartu pos di atas. Kartu pos yang saya dapatkan dari Berlin beberapa hari yang lalu ternyata sempat nyasar juga ke Malaysia. Dengan menempuh 9,414 km selama 20 hari dari Berlin ke Banda Aceh, andai kartu ini bisa bicara, pasti banyak sekali pengalaman menarik yang sudah terjadi padanya yang ingin diceritakan. Saya membayangkan ketika saya menerima kartu pos ini, dia akan langsung nyerocos menceritakan pengalamannya seperti anak-anak yang dengan penuh gairah dan mata berbinar menceritakan pengalaman hari pertamanya masuk sekolah.

Tentu saja dalam benak saya hanya bisa bertanya-tanya tentang perjalanan kartu pos ini. I wish i could know the travel story of this postcard..

Iklan