Cruising Ha Long Bay with Alova Cruise


Ha Long Bay, sebagai tempat yang ditahbiskan sebagai UNESCO World Heritage Site, tentu saja menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Vietnam. Daya tarik utamanya adalah ribuan pulau batu karst (limestone) yang mengisi teluk Ha Long yang memilki luas 1,553 km2 ini. Menurut legenda, Ha Long Bay adalah tempat turunnya naga. Alkisah, dahulu kala ketika Vietnam baru berdiri, warga di sekitar teluk Ha Long ini diserang oleh para penjarah dari laut. Harta benda mereka dirampas, nyawa mereka ditebas. Raungan kesedihan warga membahana. Atas kemurahan hati para Dewa, diturunkanlah keluarga naga untuk membantu warga. Untuk mengusir para penjarah, para naga meludahkan batu permata ke laut. Batu permata itulah yang konon menjadi pulau batu karst di Ha Long Bay.

Beberapa waktu lalu, saya, Kokoh, dan Nenny berkesempatan mengunjungi situs yang juga menjadi salah satu New 7 Wonders of Nature ini. Ada banyak cara untuk menuju Ha Long Bay. Dari mulai operator yang murah sampai yang mewah sekalipun tersedia di sana. Dan kami mempercayakan Ha Long Bay cruise 2 Days 1 Night ini kepada Alova Gold Cruise. Informasi tentang Alova Gold Cruise bisa dilihat di Go Asia Travel. Berikut review saya tentang Alova Gold Cruise.

ALOVA_GOLD_CRUISE_OVERVIEW_01

Alova Gold Cruise (gambar diambil dari http://goasiatravel.com/)

Price

2 Day 1 Night Ha Long Bay Cruise for $125. Kelihatannya mahal, tapi jangan terburu nafsu untuk menilai. Kita lihat dulu apa yang saya dapat dengan harga segitu.

Service

20130126-IMG_2376

Our room

Kesan pertama, sangat positif. Alova Cruise tepat waktu menjemput saya di Hanoi. Mini bus yang dipakai memiliki seat yang nyaman dan longgar, membuat perjalanan selama 3,5 jam menuju Ha Long City tidak terasa (ya iyalah, lha wong molor sepanjang jalan kok). Jangan takut kehausan, selama di perjalanan (pergi dan pulang), diberikan air minum 1 botol untuk peserta tour. Ketepatan waktu dalam mengeksekusi itinerary selama cruise pun bagus. Tidak ada yang terlewat. Kondisi kamar di kapal di luar ekspektasi saya. Bersih dan nyaman, walaupun sedikit sempit. Kondisi kapal juga apik dengan dek paling atas yang asyik buat bersantai menikmati pemandangan batuan karst 360 derajat. Kru kapal semuanya friendly dan cekatan bekerja, walaupun yang lancar berbahasa Inggris hanya Doan dan Hui. Oh iya, minusnya (kalau bisa disebut minus), selama cruise di kapal minuman yang kita minum harus bayar sendiri, tidak termasuk dalam harga paket soalnya.

Tour Guide

Doan namanya. Pria berusia pertengahan 20-an ini saya nilai sangat mumpuni sebagai tour guide. Kemampuan berkomunikasi dan berbahasa Inggris sangat bagus, serta memiliki pengetahuan yang di atas rata-rata mengenai sejarah dan latar belakang objek wisata yang dikunjungi. Bahkan sepanjang perjalanan Hanoi – Ha Long Bay pun peserta tour sudah banyak dicekoki sejarah kota Hanoi oleh Doan. Tapi sayangnya, Doan ini sangat akrab dengan pacar saya Nenny. Padahal sama peserta tour lain yang cewek juga tidak akrab gitu. Jadi sering membuat saya cemburu. Hehehe.. Selain masalah pribadi itu, Doan adalah tour guide keren deh!

20130126-IMG_2396

Dek paling atas kapal, tempat bersantai

View dari puncak Dao Ti Top

View dari puncak Dao Ti Top

Itinerary

Day 1 : Hanoi – Halong Bay – Alova  Cruise

08.15 : Pukul 08.15 tepat kami berangkat menuju Ha Long Bay. Kebetulan rombongan kami adalah yang paling akhir dijemput oleh Alova. Perjalanan Hanoi – Halong Bay ditempuh selama 3,5 jam. Di tengah perjalanan, ada short break selama 25 menit di lokasi seperti pusat penjualan oleh-oleh. Lumayan buat numpang ke kamar kecil dan meluruskan kaki.

12.30 : Sampai di Ha Long Bay, kami dibawa naik ke kapal kecil untuk kemudian di tengah laut pindah ke kapal besar Alova Cruise  yang digunakan untuk cruising. Sesampai di Alova Cruise, kami mendapat welcome drink. Dilanjutkan check in kamar dan makan siang. Kapal pun mulai melaju perlahan. Pemandangan mistis batuan karst yang diselimuti kabut musim dingin menemani perjalanan.

14.30 : Menuju ke objek wisata pertama yaitu Đảo Ti Tốp. Đảo Ti Tốp ini adalah sebuah pulau dengan pantai buatan berpasir putih. Di puncak Đảo Ti Tốp terdapat gardu pandang yang bisa dipakai untuk mengamati keindahan Ha Long Bay dari atas. Untuk mencapai puncak Đảo Ti Tốp, pengunjung dipaksa untuk mengeluarkan tenaga lebih menjejaki anak-anak tangga selama kurang lebih 15 menit. Capek naik tangga terbayar lunas dengan pemandangan luar biasa di atas puncak.

16.00: Bermain kayak selama 1 jam. Saya bandingkan dengan operator lain, tidak banyak rupanya yang memberikan fasilitas cruising include kayaking seperti Alova ini. Kalaupun ada yang menyediakan fasilitas kayaking, biasanya di luar harga paket. Namun, walaupun begitu, saya tidak ikut mencoba kayaking. Dingin banget soalnya. Belum lagi kalau sampai kayaknya kebalik, saya kan tidak bisa berenang. Hehe..

18.30: Sebelum makan malam dimulai, It’s cooking class time! Berkumpul di meja makan, setiap peserta tour diberikan kesempatan untuk membuat spring roll khas Vietnam. Spring roll mirip lumpia ini menggunakan kulit yang terbuat dari beras dengan isi daging babi. Suwer deh kami gak makan itu daging babi yang haram. Sembari menunggu makan malam disiapkan, kami disuguhi pertunjukan bartender kapal membuat cocktail. Tamu lain pesan cocktail, saya pesan jus buah aja deh. Hehe..

19.30: Menikmati makan malam.

21.00: Acara bebas. Menginap di kapal.

View dari Sung Sot Cave

View dari Sung Sot Cave

20130127-IMG_2586

Sung Sot Cave

Day 2:   Alova Cruise – Ha Long Bay – Hanoi

06.00: Bangun pagi disambut dengan udara yang sangat menusuk tulang. Pemandangan kabut pagi yang tebal menutupi bebatuan karst yang menjulang di kejauhan.

07.30: Sarapan pagi.

08.30: Usai sarapan, kami dibawa berkunjung ke salah satu gua terbesar dan tercantik (walaupun menurut saya biasa saja) di Ha Long Bay bernama Sung Sot Cave (Surprising Cave). Di sini kita bisa melihat stalaktit  dan stalagmit yang berbentuk menyerupai ular, jari, dan bentuk aneh lainnya. Yang istimewa dari gua ini adalah permainan lighting-nya. Selain itu, gua ini juga sangat tourist ready. Kemudahan seperti tangga dan track di dalam gua terpampang nyata bukan buaian, bukan fatamorgana.

09.30:  Bersiap check out dan kembali ke daratan. Cukup lama dan membosankannya perjalanan menuju daratan sedikit terobati ketika bartender Alova mendemonstrasikan keahliannya membuat hiasan berbentuk bunga dari sayuran.

12.00: Sampai di Ha Long City dan makan siang di restoran. Dilanjutkan dengan perjalanan kembali menuju Hanoi.

17.00: Sampai di Hanoi. Ha Long Bay cruise yang menyenangkan sudah usai.

The Food

Cocktail

Cocktail

Best of the best dari pelayanan Alova Gold Cruise ini adalah MAKANAN! Benar-benar di luar ekspektasi saya. GAK ADA YANG GAK ENAK!! Dan di sini saya menobatkan nasi putih Vietnam adalah nasi paling pulen dan paling enak yang pernah saya makan. Oh iya, di awal tour, Doan juga menanyai peserta tentang kebiasaan dan pantangan dalam makan. Apakah ada yang vegetarian atau ada yang tidak bisa makan sesuatu. Kami bertiga langsung bilang, “We don’t eat pork!” but it’s okay with ham and bacon. Dan sepanjang perjalanan, disediakanlah untuk kami makanan bertema sea food. Andai saya tidak malu dengan peserta tour lain yang kebanyakan orang Eropa, saya foto dulu deh makanan saya sebelum saya lahap. Jadinya sedikit deh dokumentasi makanan saya. Two thumbs up buat chef-nya deh!

Verdict

Saya sangat puas dengan Alova Cruise ini. Harga $125 terbayar lunas! Memang harga itu relatif. Tapi bagi saya, ketika uang yang saya keluarkan sebanding dengan apa yang saya dapat, saya tidak ragu untuk bilang murah. Jadi, bagi teman-teman yang berencana untuk berkunjung ke Ha Long Bay, saya tidak akan ragu menyarankan kepada kalian untuk cruising bersama Alova Cruise. Apalagi kalau untuk honeymoon. Hmmm.. Saya rasa Ha Long Bay Cruise dengan Alova Cruise ketika musim dingin  sangat romantis untuk berbulan madu.

The Supper

The Supper

Iklan