Buka Puasa Bareng di Gubuk Makan Mang Engking BSD


Ini pertama kalinya saya ke The Breeze BSD City. Mall yang mengusung tagline ‘mall without walls‘ ini rupanya tidak terlalu ramai sore itu. Alih-alih seperti mall kebanyakan yang memiliki gedung besar, konsep outdoor memang dikedepankan oleh The Breeze. Berbagai macam outlet yang didominasi restoran berjejer dikelilingi tetamanan dan suasana terbuka lainnya. Bukan tanpa alasan saya bersama istri dan Bara sore itu berkunjung ke The Breeze. Tak lain adalah untuk memenuhi undangan buka bersama para bloggers yang diadakan oleh Gubuk Mang Engking.

20150627-20150627_170148~2

Gubuk Makan Mang Engking (tampak depan)

20150627-20150627_170606~2

Bara dan ibuk nungguin santapan dihidangkan

“Mbak, kami bloggers yang diundang Mang Engking buat buka bersama. Tempatnya di mana ya?”, tanya saya ke resepsionis. “Ada di gubuk nomor 6 ya Pak”, sambutnya ramah. Memasuki areal gubuk, saya cukup terkesan. Suasananya homey dan terasa nyaman sekali. Gubuk-gubuk terlihat berjejer rapi. Di sekelilingnya, terdapat kolam ikan berair jernih. Kami langsung menuju gubuk nomor 6. Ternyata baru kami saja yang hadir di sana. Sambil menunggu bloggers lain datang, kami leyeh-leyeh dulu dong. Maklum, capek juga abis jalan-jalan keliling The Breeze sambil gendong Bara.

Menjelang waktu berbuka, satu per satu hidangan mulai disiapkan di gubuk kami. Satu per satu bloggers pun mulai hadir. Dari sekian banyak bloggers yang hadir, hanya 3 orang yang sudah saya kenal di dunia maya. Yaitu Mas Dani, Febriyan, dan Rinta Dita. Lainnya? Baru kenal di sana. Bahkan alamat blog mereka pun baru saya tahu saat berkenalan. Ada mbak Yeye, mbak Desi, mbak Pungky, mbak Yani, mbak Etty, dan mbak Tyas.

Yang namanya bloggers pada ketemuan, pasti rame banget! Mungkin karena mayoritas di antara mereka sudah saling kenal sebelumnya, suasana jadi sangat akrab. Satu per satu mulai rame foto-foto makanan.

20150627-IMG_0846

Inilah hidangan dari Gubuk Makan Mang Engking

Mbak Nadya, perwakilan dari Mang Engking, menemani kami sambil menjelaskan tentang Mang Engking menu-menu yang ada di sana. Gubuk Makan Mang Engking adalah restoran yang berkonsep alam dan sudah memiliki cukup banyak cabang di Jawa dan Bali. Salah satu cabangnya, di The Breeze BSD ini adalah salah satu cabang yang cukup ramai. Mang Engking pada awalnya memiliki kekhasan cita rasa sunda. Namun, seiring perkembangan dan banyaknya cabang, sajian makanan di Mang Engking berkembang menjadi citarasa nusantara. Beberapa menu andalan mereka adalah Udang Bakar Madu, Gurame Cobek, dan Kepiting Soka Telur Asin. Dari awal dihidangkan, menu tersebut sudah langsung bikin air liur terbit. Untung saja waktu berbuka tak lama lagi.

Waktu berbuka telah tiba. Namun, seperti layaknya tamu yang sopan, awalnya sih agak malu-malu mengawali santapan, tapi akhirnya pun pada kalap mencicipi satu per satu sajian. Saya mencomot beberapa menu yang sepertinya enak. Satu tusuk udang bakar madu (berisi 4 ekor udang), secuil ikan gurame cobek, secuil ikan gurame asam manis, secuil kepiting soka telur asin, tumis tauge, dan beberapa potong otak-otak. Tuh kan, saya kalap melihat menu menggoda di sana. Dan rasanya, tidak ada yang gak enak! Enak semua! Tapi yang paling nendang menurut saya sih kepiting sokanya. Sambil menyeruput jus strawberry yang segar, saya menghabiskan santapan di piring hingga tak bersisa.

PhotoGrid_1435652015913

Menu andalan Mang Engking: Udang Bakar Madu, Gurame Cobek, Pepes Udang, Nasi Bakar

PhotoGrid_1435652110574

Menu desert Mang Engking

Sebenarnya ada menu lain yang sempat saya lirik, namun akhirnya tidak saya coba. Ada ayam bakar, burung puyuh goreng, iga sapi bakar, dan beberapa menu lain yang gagal saya coba karena perut saya sudah penuh.

Kalau saya pribadi sih puas banget dengan rasa makanan dan pelayanannya di sini. Tidak cukup buat nyoba sekali deh. Harus kembali lagi pokoknya. Apalagi buat buka puasa bersama atau acara keluarga, nyaman banget tempatnya. Tapi, kalau mau buka puasa di sini harus pesan tempat beberapa hari sebelumnya ya. Karena kalau go show ke sini, hampir bisa dipastikan tidak dapat tempat.

Oh iya, ada satu sih sedikit kritik buat Mang Engking. Lokasi mushala yang berada di dekat playground anak-anak jadi bikin agak berisik dan sedikit mengganggu kekhusyukan shalat. Tapi hal itu masih dapat ditolerir kok.

Tertarik makan di Gubuk Mang Engking?

Screenshot_2015-06-27-22-11-09-1

Para bloggers kece (sumber: dari akun instagram mbak Yeye)

Gubuk Makan Mang Engking
The Breeze BSD City
Jalan Grand Boulevard, BSD
Tangerang Selatan

Iklan