Cara Murah dan Mudah Berlibur ke Banda Aceh


Aceh menawarkan banyak destinasi wisata alam yang mengagumkan. Di sana ada banyak pantai-pantai indah yang bisa dikunjungi, dan terdapat juga beberapa tempat snorkeling serta spot menyelam yang terkenal seperti yang berlokasi di Pantai Iboih dan Pulau Weh.

Menikmati pesona alam Aceh juga bisa dilakukan dengan berpetualang di Pulau Keluang dan mampir ke Goa Sarang yang unik dan menarik.

Berwisata di kota Banda Aceh juga tidak kalah menarik. Beberapa di antara objek wisata terkenal tersebut adalah, Masjid Baiturrahman, kapal di atas rumah, dan Museum Tsunami.

Objek wisata di atas adalah pilihan destinasi liburan Banda Aceh murah yang paling mudah dijangkau.

20101108-imgp0297

Kapal di Atas Rumah

Bagi Anda yang penasaran dan sudah tidak sabar untuk segera berpetualang di Aceh dengan budget terbatas, sebaiknya Anda menyimak beberapa tips liburan murah ke Banda Aceh berikut ini.

Carilah tiket murah

Dari Jakarta, ada banyak maskapai penerbangan yang bisa Anda manfaatkan. Yang pasti, jika ingin murah, Anda harus mencari penerbangan kelas ekonomi. Biasanya penerbangan dari Jakarta ke Banda Aceh untuk kelas ekonomi harganya sekitar 800 ribuan.

Namun jika ingin dapat tiket yang lebih murah lagi, jangan ragu-ragu mencari voucher atau diskon. Selain itu, coba juga mencari info mengenai promo tiket pesawat melalui agen travel online dengan mendaftarkan email atau follow akun sosial media mereka agar informasi yang Anda dapatkan up to date.

Jika ingin mendapatkan tiket pesawat dan hotel murah, sebaiknya Anda mencari dan booking jauh sebelum waktu kunjungan yang sudah Anda rencanakan. Seperti pada umumnya berwisata ke daerah lain, jika ingin berhemat, maka Anda dianjurkan untuk berwisata bukan di hari-hari libur atau hindarilah musim liburan (peak season).

Sesampainya di Banda Aceh, Anda juga bisa berhemat dengan memilih hotel atau penginapan yang sederhana tanpa fasilitas mewah.

Karena Aceh merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di Indonesia, maka tidak sulit bagi Anda untuk menemukan berbagai pilihan tempat menginap dengan variasi harga yang beragam.

Soal makanan, Anda pun tidak perlu khawatir. Ada banyak kuliner di Banda Aceh yang harganya murah meriah. Di sana ada banyak warung makanan yang bisa Anda datangi untuk mengisi perut. Rata-rata per porsi ditawarkan dengan harga yang cukup bersahabat.

Di samping itu, tentu saja ada beberapa kuliner khas Aceh yang sebaiknya Anda coba jika berkunjung kesana. Ngomong ngomong soal kuliner khas Aceh, beberapa makanan yang sebaiknya Anda coba adalah:

    • Mie Aceh
    • Sate Matang
    • Kuah Pilek U
    • Ayam Tangkap
    • Rujak Aceh
    • Kue Adee
    • Kue Timphan, dan
    • Kopi Aceh
sate-matang

Sate Matang

Selain tujuan wisata seperti Kapal di atas Rumah, wisata religi Masjid Baiturrahman, dan wisata Museum Tsunami Aceh. Beberapa tujuan wisata lainnya yang murah dan bisa dijangkau dengan mudah dari pusat kota adalah:

Pantai Lampuuk

Pantai ini lokasinya hanya 15 km dari pusat kota. Jadi dengan menggunakan kendaraan Anda bisa mengaksesnya dalam waktu kurang lebih 30 menit. Pantai Lampuuk merupakan salah satu pantai indah dan terkenal di Aceh yang hampir setiap hari ramai pengunjung.

Keindahan pantai ini sudah sangat terkenal. Pantai Lampuuk memiliki bibir pantai yang cukup lebar dengan panjang kurang lebih 5 km, membentang dari selatan ke utara.

Pantai ini sering dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga oleh masyarakat Aceh dan sering juga dijadikan sebagai destinasi wisata oleh para pencinta selancar.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini. Beberapa diantaranya adalah: berenang, bermain berbagai wahana permainan air seperti banana boat, dan lain-lain.

lampuuk

Pantai Lampuuk

Pantai Lhoknga

Pantai lain yang tidak kalah menarik dan lokasinya tidak jauh dari Pantai Lampuuk adalah Pantai Lhoknga. Jika diakses dari pusat kota, Pantai Lhoknga hanya berapa kilometer lebih jauh dibandingkan dengan Pantai Lampuuk. Namun sebenarnya Pantai Lhoknga hanya berjarak sekitar 3 km ke arah selatan Pantai Lampuuk.

Kedua pantai tersebut adalah tujuan berlibur murah meriah ketika berkunjung ke Banda Aceh. Jika Anda menginginkan objek wisata lainnya yang menarik dengan biaya yang sedikit lebih mahal, Anda bisa mempertimbangkan wisata diving atau snorkeling di Pulau Weh. Jangan lupa juga mengunjungi Pantai iboih yang berada di desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Sabang.

20140116-img_7670

Pelepasan Tukik di Pantai Lhok Nga

Pulau Keluang

Tempat lain yang tidak kalah indah untuk dinikmati adalah berkunjung ke Pulau Keluang yang berada di Kabupaten Aceh Jaya.

Hanya saja, untuk bisa sampai di Pulau Keluang, wisatawan harus menyewa perahu yang berkapasitas 4 orang untuk menyeberang dengan lama perjalanan kurang lebih 15 menit.

keluang

Pulau Keluang (sumber: jaxlajue.wordpress.com)

Namun keindahan Pulau Keluang yang sudah terkenal sangat sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Di pulau tersebut, selain menikmati keindahan pantai dan panorama alam, jangan lupa juga mampir ke Goa Sarang yang menjadi salah satu daya tarik dari pulau tersebut.

Iklan