Rencana Liburan Keluarga di Bangkok


Kapan ya terakhir saya liburan ke luar negeri? Sudah lama sekali ternyata. Perjalanan terakhir saya ke luar negeri adalah ke Beijing pada akhir tahun 2014. Dan sejak ada Bara, anak saya yang saat ini berusia 2 tahun 5 bulan, saya belum pernah traveling ke luar negeri lagi. Sepertinya bakal seru kalau berlibur ke luar negeri bersama anak dan istri.

Tapi kalau liburan ke luar negeri bersama keluarga enaknya ke mana ya? Mungkin jangan ke tempat yang jauh dulu kali ya. Pilihan saya sih antara Singapura atau Bangkok, Thailand. Dua-duanya sudah pernah saya kunjungi. Saya berkunjung ke Singapura pada tahun 2011 dan ke Bangkok pada tahun 2013. Dua-duanya juga kota yang seru untuk liburan. Tapi sepertinya Bangkok lebih menarik untuk liburan keluarga. Bangkok lebih murah dibandingkan Singapura.

20130511-img_5083

Gedung Bertingkat di kota Bangkok

Liburan bersama anak terkadang memang tricky. Jadi sebisa mungkin milih tempat wisata yang nyaman untuk anak-anak. Kalau dulu masih single sih jalan-jalannya pakai itinerary yang padat. Tapi kalau ngajak keluarga enaknya sih yang santai dan longgar waktunya. Gak usah ngoyo. Dan ini beberapa tempat yang akan kami kunjungi di Bangkok:

20130511-img_5021

Lumpini Park yang adem

  • Chatuchak Weekend Market

Bara sudah sangat sering kami ajak belanja ke pasar. Dari pasar tradisional yang becek, sampai pasar modern yang nyaman. Jadi rasanya tidak masalah kalau kami ajak blusukan di Chatuchak Market ini. Pasarnya cukup nyaman kok dikunjungi bersama keluarga.

Saya suka banget blusukan di pasar yang hanya buka pada akhir pekan ini. Barang yang diperjualbelikan di pasar ini unik dan berbeda dengan yang pasar-pasar lain. Mulai dari kerajinan tangan, pakaian dan aksesoris, furniture dan dekorasi rumah, buku, makanan dan minuman, sampai barang-barang unik lain tersedia di sana.

Saya pernah belanja sampul paspor unik bergambar kaset jadul, cardholders warna-warni, dan tas slempang unik di sana. Karena dulu ke sana pas masih single, gak lihat juga barang-barang yang berhubungan sama anak-anak. Mungkin nanti kalau ke sana sama Bara bakal belanja pernak-pernik lucu buat anak-anak. 

Usai capek belanja, wisata kuliner bisa juga dilakukan di Chatuchak Market ini. Saya jadi ingat nasi kuning ayam goreng di Warung Muslim yang enaknya kebangetan di sana. Kalau mau ngemil yang ringan juga ada. Favorit saya es krim kelapa muda yang unik banget. Disajikan dalam batok kelapa, es krim bercampur kelapa muda ini diberi topping kacang tanah. Bara pasti suka, secara dia suka banget sama es krim.

Es Krim Kelapa Chatuchak

Es Krim Kelapa yang enak banget

  • Asiatique The Riverfront

Lokasinya yang berada di pinggir sungai Chao Phraya membuat Asiatique sangat cantik dinikmati pada sore sampai malam hari. Berkonsep open-air mall, tempat ini menawarkan berbagai macam aktivitas. Tempat makan, mulai dari seafood sampai masakan oriental tersedia di sana. Cafe-cafe tempat nongkrong pun berjejer cantik di menghadap sungai. Pengunjung bebas memilih mau bersantai di mana.

Tapi menurut saya, yang paling seru di sana adalah naik Asiatique sky, bianglala raksasa. Apalagi jika naiknya sore hari menjelang sunset. Langit kota Bangkok terlihat sangat indah dari atas Asiatique sky. Durasi mutarnya pun cukup lama, sehingga puas untuk berfoto-foto selfie atau sekedar mengagumi skyline kota Bangkok dari atas. Lebih seru lagi jika bareng sama orang-orang tersayang. Romantis banget deh.

Saya penasaran, kira-kira Bara diajak naik Asiatique Sky bakal takut atau malah excited ya? Semoga segera bisa membuktikan deh. 

Asiatique Sky

Asiatique Sky (sumber: http://www.asiatique-sky.com/)

  • Lumpini Park

Bara suka banget berkunjung ke tetaman. Sudah sangat sering kami ajak main ke tetaman di sekitar rumah yang ukurannya tidak terlalu luas. Bisa kami bayangkan kalau ia menjelajah taman sebesar dan seluas Lumpini Park pasti bakal senang sekali. 

Taman seluas 57 ha ini terletak di pusat kota dan dikelilingi oleh area perkantoran. Letaknya yang strategis, yaitu di sebelah stasiun BTS Sala Daeng dan tepat di atas stasiun MRT Si Lom, membuat taman ini sangat mudah dijangkau.

20130511-img_5002

Aktivitas warga di Lumpini Park

Apa yang menarik dari Lumpini Park ini? Di dalam area taman terdapat pelbagai penunjang kebutuhan rekreasi warga Bangkok. Mau piknik, tinggal gelar tikar/kain saja di atas rerumputan di pinggir danau buatan. Mau olahraga, tersedia jogging track dan alat fitnes yang cukup lengkap. Bawa anak-anak dan mau main, tersedia children playground. Atau cuma mau bersantai dan foto-foto, banyak spot foto cantik di taman ini. Kalau laper, tinggal beli makanan di penjaja makanan. 

Pada akhir pekan, taman ini rame banget dipenuhi warga lokal dan wisatawan. Di pelbagai sudut dapat ditemui aktivitas-aktivitas seru. Ada yang yoga, ada yang senam pakai kipas, ada yang tai chi, bahkan ada yang latihan pedang. Benar-benar menjadi sarana rekreasi warga di akhir pekan.

20130511-img_5023

Danau di Lumpini Park

  • Bangkok Art & Culture Centre (BACC)

Saya tak sengaja berkunjung ke BACC ini. Gedungnya yang unik dan berada di seberang pusat perbelanjaan MBK Centre, mengusik saya untuk berkunjung ke sana. Gedung BACC ini terdiri dari 3 lantai yang berisi galeri seni, cafe, toko aksesoris, dan perpustakaan. 

Yang menarik dari BACC, bukan hanya karya seni yang dipamerkan di sana, tetapi juga layout ruangan dan interior gedungnya. Seperti misalnya di area perpustakaan dilengkapi dengan bean bag chair warna-warni untuk kenyamanan pengunjung. BACC jelas menjadi pusat seni kontemporer, desain, musik, teater, dan film di kota Bangkok. 

Area yang cukup luas dan relatif tidak ramai menurut saya sangat nyaman dikunjungi bersama anak. Apalagi banyak spot-spot menarik untuk berfoto keluarga. Saat saya berkunjung ke sana, ada musisi jalanan yang sedang memainkan ember sebagai alat musik pukul. Seru saja gitu lihat performance uniknya. Pasti Bara juga akan enjoy lihat performance seperti itu.

  • Bangkok Sea Life Ocean World

Kalau Jakarta punya Sea World di Ancol, Bangkok punya Bangkok Sea Life Ocean World. Saya belum pernah ke sini, tapi sepertinya sangat seru berkunjung ke sini bersama keluarga. Akuarium terbesar di Asia Tenggara ini terletak di dalam Mall Siam Paragon. Bisa sekalian shopping nih.

Bara suka sekali lihat ikan. Kalau di supermarket saja sering sekali asyik lihat ikan hidup. Pasti ia juga akan senang kalau saya ajak ke Bangkok Sea Life Ocean World ini.

Bangkok Sea Life Map

Bangkok Sea Life Ocean World Map (sumber: http://www.sealifebangkok.com)

Kurang lebih ada 20 ruang pamer yang bisa dinikmati pengunjung di sini. Dari area tropical rainforest yang berisi makhluk laut yang berasal dari wilayah tropis, sampai area penguin ice adventure yang berisi penguin yang berasal dari wilayah kutub. Aktivitas seru pun banyak yang bisa dilakukan di sana. Dari menyusuri ocean tunnel, menyelam bersama ikan hiu, melihat aktivitas karantina dan perawatan satwa laut, naik glass bottom boat, sampai menonton film 4 dimensi. Sepertinya Bara bakal betah banget nih kalau diajak ke sini. Mungkin malah sampai gak mau diajak pulang. 

Stasiun BTS

Stasiun BTS di Bangkok

Rencana liburan sudah ada, saatnya mencari tiket pesawat dan akomodasi selama di sana. Kalau dulu saat masih single sih seringnya hunting tiket jauh-jauh hari, bahkan sampai 1 tahun sebelumnya. Untuk hotel biasanya juga nyari promosi jauh-jauh hari dengan cara sering-sering lihat dan membandingkan banyak situs pemesanan hotel. Tapi kok rasanya sekarang kalau mau hunting gitu kok ya ngabisin waktu.

Punya anak masih balita itu sering kali repot banget. Apalagi di rumah tidak ada asisten. Hanya ada saya dan istri yang mengurus anak. Kayaknya kok repot banget ya kalau mau liburan masih harus hunting tiket sana-sini dan buka aplikasi dan website macam-macam untuk beli tiket pesawat dan hotel. Buat ngurusin dan ngajak main anak saja kadang waktunya masih kurang. Belum lagi kalau pas hunting tiket dan voucher malah digangguin sama anak atau anaknya pas rewel banget, bisa bete dan terancam batal liburannya. 

Untungnya sekarang traveloka menyediakan layanan pemesanan tiket + hotel sebagai 1 paket. Langsung penasaran nyoba pesan paket tiket hotel traveloka ini deh. Sepanjang pengalaman saya beli tiket atau hotel di traveloka sih selalu lebih murah harganya. Harusnya untuk harga paket gitu bisa lebih murah lagi dong. Dan ternyata terbukti. 

Setidaknya ada 3 keuntungan saat menggunakan aplikasi traveloka untuk memesan tiket + hotel. Pertama, mudah dan menghemat waktu. Hanya dengan membuka 1 aplikasi, tentukan tujuan dan tanggal perjalanan, langsung tertera paket tiket dan hotelnya. Tidak perlu lagi buka banyak situa dan aplikasi. 

Kedua, lebih murah daripada pesan terpisah. Sudah tahu kan kalau traveloka ini sudah dikenal sebagai aplikasi yang harganya sudah pas, tanpa menambah harga plus-plus lagi? Nah, begitupun saat memesan paket tiket + hotel ini. Tanpa ada harga plus. Bahkan, harga yang tertera terakhir saat mau bayar malah ada diskonnya lagi. Jelas jadi lebih murah pake banget dong.

Ketiga, mudah dan banyak metode pembayaran. Traveloka memang sangat memikirkan kenyamanan customer. Untuk pembayaran, Traveloka menyediakan pelbagai kanal. Bisa pakai kartu kredit, transfer dan ATM bermacam bank, Direct Debits, dan melalui Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi.

So, jika teman-teman cari tiket dan hotel liburan tapi gak mau ribet, traveloka adalah solusi terbaiknya. 

Iklan