Handmade Postcards from Jambi


Seorang kawan yang bekerja di Sungai Penuh, Jambi, mengirimi saya 2 buah kartu pos hasil buatan sendiri beberapa waktu lalu. Bukan kali ini saja Isna, nama kawan saya itu, mengirimi saya kartu pos. Namun, 2 buah kartu pos terakhir yang saya terima dari dia ini rasanya begitu istimewa. Pasalnya, Isna mengirim kartu pos hasil buatannya sendiri. Bukan dengan mencetak kartu, tetapi membuat sendiri dengan tangannya.

Kartu pos pertama, Isna menggunakan selembar kertas karton yang agak kurang tebal sebenarnya untuk digambari wajah-wajah adat dari kampung halamannya, Sumatra Utarra, lengkap dengan hiasan kepalanya. Selain itu, saking bangganya dia bekerja di Direktorat Jenderal Pajak, Isna menempelkan stiker bertuliskan kantor tempat dia bekerja, yaitu KP2KP Sungai Penuh.

Kartu pos kedua, dengan cerdiknya Isna memotong sebuah karikatur di sebuah koran lokal untuk dijadikan kartu. Walaupun agak kurang mengerti juga dengan bahasa Jambi, tetapi pesan mengenai kabut asap di Jambi cukup tersampaikan.

Kedua kartu pos itu sudah cukup lama saya terima, namun baru sekarang sempat saya pamerkan. Terimakasih Isna.. Kartu posmu luar biasa 🙂

Iklan