Indonesian Postcrossing Meet-Up 2013


482791_4492179550047_1064777497_n

Rasanya saya beruntung sekali ketika kawan-kawan dari Komunitas Postcrossing Indonesia (KPI) mengadakan meet-up, pas saya ada di Jakarta. Sabtu, 9 Februari 2013 lalu, bertempat di Kantor Filateli Jakarta (KFJ) yang berada di kawasan Pasar Baru, meet-up pertama KPI di tahun 2013 ini berlangsung. Jadwal acaranya sih pukul 13.00, tapi saya sudah berada di sekitaran Pasar Baru pada pukul 12.00. Setelah satu jam berkeliling, makan di Pasar Baru, dan shalat dzuhur di Masjid Istiqlal, saya pun beranjak ke KFJ. Selama saya muter-muter di Pasar Baru itu pun sebenarnya saya juga sudah saling kontak-kontakan sama sang admin KPI, Yanita, dan dua kawan postcrossers lain, yaitu Alin dan Mas Sapar.

Sesampai di KFJ, saya disambut oleh Mas Sapar yang ternyata sudah duluan sampai. Wah, akhirnya kesampaian juga kopdar sama blogger kondang yang punya blog Dansapar.com ini. Dan ternyata di sana juga sudah ada Alin dan Mbak Indah, postcrosser yang nongkrong sebagai nomor 3 most active user se-Indonesia. Sedangkan Yanita, salah satu admin KPI yang bertindak sebagai panitia utama malah masih terjebak di dalam kereta api jurusan Bogor – Jakarta.

20130209-IMG_2899

Signed postcards

Sambil menunggu kawan-kawan lain, kami pun ngobrol. Walaupun baru kenal, rasanya udah seperti kawan lama. Apalagi ketika sudah mulai ramai. Ada Yanita, Febry dan Nobi si pemilik PATW, Mbak Dini, Dian, Vidi, Dewi, Mas Afendi, Ginanjar, dan banyak lagi. Maafkan saya kawan yang susah mengingat nama. Dari banyak yang datang, hanya beberapa saja yang saya ingat. Salah panitia sih gak ada acara perkenalan :p

Walaupun acara molor sekitar satu jam, tapi tetap terasa seru. Sebenarnya tidak ada susunan acara khusus juga sih. Acara utamanya cuma postcards signing, saling pamer koleksi kartu pos, dan yang paling seru bagi-bagi kartu pos gratis! Beruntung memang ada Febry dan Nobi yang berbaik hati bagi-bagi kartu pos hasil produksi PATW. Ada juga Dewi yang bawa cukup banyak kartu pos juga untuk dibagikan. Memang kawan-kawan baru saya ini pada suka gratisan, langsung heboh dong. Sampai-sampai kartu pos PATW yang buat dibagi gratis dan dijual jadi campur aduk. Hahaha.. Makasih banyak Febry, Nobi, dan Dewi 😀

Untuk acara postcards signing, konsepnya adalah kita bawa kartu pos kosong untuk ditandatangani rame-rame sama kawan-kawan yang datang di acara meet-up. Dan yang paling semangat untuk postcards signing adalah Mbak Indah. Lengkap aja gitu bawa spidol 24 warna (atau 12 warna ya?). Lain lagi dengan pamer koleksi kartu pos. Juaranya adalah Yanita dan Mas Afendi! Niat banget deh pamernya. Apalagi Mas Afendi, sampai bawa album yang isinya kartu pos unik, keren, dan langka dari berbagai negara. Kericuhan saling pamer kartu pos dan postcards signing sempat membuat bagian tengah meja penuh dengan kartu pos yang bagus-bagus. Andai saya ambil beberapa pasti gak keliatan deh.. Hahaha..

20130209-IMG_2901

Koleksi kartu pos

Puncak acara adalah ketika Mbak Sari, jurnalis Kompas, datang untuk meliput. “Masih ada ya orang yang suka berkirim kartu pos?”, tanya Mbak Sari heran. Dengan semangat sumpah pemuda, Yanita yang sore itu mendadak menjadi juru bicara kami, menjelaskan. Mulai bagaimana cara kerja postcrossing, apa itu swap postcard, sampai tentang suka duka dalam berkirim kartu pos, lengkap dikupas tuntas oleh Yanita. Kapan ya liputan Mbak Sari ini naik tayang di koran Kompas? Lumayan kan kalau ternyata ada saya yang ikutan nampang di koran.

Tapi sayang, sebelum acara dibubarkan, karena saya kurang enak badan, saya undur diri lebih dulu. Tapi sebelumnya sempat foto-foto bersama dan borong perangko dong. Agak kecewa juga saya karena gagal ikut nongkrong bareng di Ragusa. Andai saya waktu itu tidak sakit, pasti bakalan bisa berlama-lama sampai malam bareng Yanita dkk.

Gara-gara acara meet-up ini, saya jadi makin semangat ber-postcrossing. Karena postcrossing inilah saya jadi punya kawan yang banyak. Semoga kalau ada meet-up lagi saya bisa ikutan deh. Terima kasih kawan-kawan Komunitas Postcrossing Indonesia. It’s fun and nice to know all of you 😀

20130209-IMG_2895

Mbak Sari serius menyimak penjelasan Yanita

20130209-IMG_2902

Sebagian anggota Komunitas Postcrossing Indonesia

20130301-250762_4963797187045_947506151_n

Dan saya tidak semua tahu nama kawan-kawan di sini..

Iklan