Visit Jawa Tengah Trip: Sebuah Pelunasan Janji Kepadamu, Nak


Dear anakku,

Dari hari ke hari, rasa cinta bapak kepadamu semakin tumbuh kuat. Hari-hari terakhir ini kita semakin sering menghabiskan waktu bersama karena kebetulan bapak sedang libur kuliah. Hari ini bapak menyuapimu sarapan pagi. Usai sarapan, kalau biasanya kita jalan-jalan di taman kecil dekat rumah, tadi pagi kita membaca buku bersama di dalam kamar. Sepertinya kamu sudah mulai mengenal apa itu buku. Dulu, jika bapak sodorkan buku, selalu kamu masukkan ke dalam mulut. Tapi sekarang, malah kamu bolak-balik sendiri. Tapi, khusus board book ya. Kalau buku kertas mah sama saja, masih masuk dalam mulutmu. Haha..

Oh iya Nak, masih ingatkah janji bapak yang akan menemanimu berwisata ke Jawa Tengah? Tak terduga, tanpa menunggu lama, bapak bisa mewujudkannya beberapa waktu lalu. Memang, perjalanan terakhir kita pada 21-23 Agustus 2015 kemarin belum ada secuil dari tanah Jawa Tengah yang kita jelajahi. Tapi sebagai permulaan, bapak cukup berbangga sudah bisa menepati janji.

Selfie di Kereta.jpeg

Semuanya berawal dari nasihat kepadamu untuk Cinta (Wisata) Jawa Tengah yang bapak tulis di blog ini. Tulisan tersebut menjadi Juara 1 Lomba Utama Blog Visit Jawa Tengah 2015. Salah satu hadiah lomba tersebut adalah trip gratis 3 hari 2 malam bersama ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) Jawa Tengah. Makasih ya Nak sudah menjadi inspirasi menulis bapak.

Sebenarnya trip hadiah tersebut hanya untuk bapak saja. Tapi karena karena kamu kalau di rumah harus selalu minta ditemani (bahkan, sering kali kamu menangis heboh walau cuma ditinggal ibumu sebentar buat ke toilet), tentu ibumu akan sangat kerepotan kalau bapak tinggal ikut trip tersebut. Dengan pertimbangan itulah bapak mencoba berkomunikasi dengan panitia untuk bisa mengajak serta kamu dan ibumu. Alhamdulillah diperbolehkan. Emang rejeki kita ya Nak. Setelah bapak pikir pun trip kemarin cukup fair bagimu. Bapak menang lomba juga karena tulisan yang bertutur kepadamu. Fair kan kalau kamu ikut serta dalam trip hadiah ini? Karena tanpamu, mungkin bapak tak akan menang lomba itu.

Wisata Keluarga di Baturraden.jpg

Karena trip tersebut dimulai dari kota Semarang, kita beranjak menuju Semarang menggunakan kereta api Argo Anggrek Malam. Ini adalah perjalanan naik kereta malammu yang pertama. Semoga saja kamu bisa tidur nyenyak di dalam kereta ya. Tidak seperti saat kita naik kereta Argo Anggrek Pagi usai mudik lebaran kemarin. Pertimbangan bapak waktu itu, jika kamu rewel di dalam kereta tidak akan terlalu mengganggu penumpang lain. Toh di siang hari bukan waktunya untuk beristirahat panjang. Namun bapak salah perkiraan. Memang sih kamu tidak rewel, tetapi kamu malah tidak tidur sepanjang perjalanan. Maunya minta ditemani bermain sampai bapak dan ibu yang capek. Untungnya, saat perjalanan ke Semarang naik Argo Anggrek Malam kemarin kamu tertidur cukup pulas. Hanya terbangun beberapa saat sebelum kereta sampai di Semarang, 3 jam lewat tengah malam.

Sebelum trip bersama ASPPI dimulai, pagi harinya bapak mendapat undangan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah untuk menghadiri acara penyerahan hadiah lomba di Kantor Disbudpar Jateng. Sementara bapak menghadiri acara itu, kamu dan ibumu istirahat di hotel tempat kita transit yang letaknya tak jauh dari Kantor Dinbudpar Jateng.

Situs Liyangan.jpg

Mungkin jika cuma bapak sendiri atau berdua bersama ibumu, kami tidak perlu check in hotel jika hanya transit dari dini hari sampai sekitar pukul 10 pagi. Tapi, demi kenyamananmu, bapak memutuskan untuk transit di sebuah hotel. Paling tidak kamu bisa istirahat lebih nyaman sebelum melanjutkan perjalanan panjang lagi. Ibumu juga akan lebih nyaman mempersiapkan MPASI buatmu.

Pasti dari tadi kamu bertanya-tanya, sebenarnya mau kemana sih trip bersama ASPPI kita. Selama 3 hari 2 malam, kita akan menjelajah beberapa tempat di Kabupaten Semarang, Kota Purwokerto, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Temanggung. Selain ditemani bapak dan ibu, selama perjalanan kamu juga ditemani Pakde Pranoto (Ketua ASPPI Jateng), Om Rifqy (Juara 2 Lomba Blog Utama Visit Jateng), tante Reaca (Juara 3 Lomba Blog Utama Visit Jateng), dan tante Ratri (perwakilan Dinbudpar Jateng). Rame bukan?

Candi Gedongsongo.jpg

Nak, mungkin kamu saat ini masih terlalu kecil untuk mengingat perjalanan ini. Tapi tenang, bapak di sini akan berkisah lengkap kepadamu. Ke mana saja tempat yang kita kunjungi, ada apa di sana, serunya kamu sarapan disuapi ibu di pinggir sungai Serayu, sumringahnya wajahmu melihat ikan-ikan unik dari seluruh dunia di aquarium raksasa, trekking pertamamu sambil digendong bapak, sampai excited-nya kamu bak arkeolog kecil saat kita menjelajah situs purba yang sedang diekskavasi. Nanti akan bapak ceritakan satu per satu. Kisah perjalanan ini menjadi awal pemenuhan janji bapak kepadamu, yaitu janji untuk mengajak serta dirimu menjelajah Jawa Tengah. Bapak pastikan, kisah-kisah masa kecilmu akan terekam dengan baik di sini agar dapat kamu baca sendiri suatu saat nanti.

Iklan