Soto Kerbau Karso Karsi, Kuliner Khas Kota Kudus


Setelah kemarin saya menulis tentang Museum Kretek, diskusi tentang kota Kudus di twitter dengan beberapa teman menjalar ke topik kuliner. “Nek kulinere opo wae ri?“, Mbak Yus Mei memancing saya. Sontak saya teringat sebuah sajian khas berselera dari kota Kudus, yaitu Soto Kerbau. Perbincangan semakin menghangat dengan bergabungnya Mbak Zee yang excited ingin tahu Soto Kerbau yang enak di Kudus di warung mana.

20120825-IMG_3687

Semangkok soto kerbau

Siapa yang tidak meneteskan air liur melihat hidangan nikmat soto di atas? Apalagi di siang hari di hari puasa seperti ini. Bukan bermaksud menggoda iman teman-teman yang sedang berpuasa, tapi anggap saja hidangan ini sebagai alternatif pilihan untuk berbuka nanti malam.

Hidangan soto di atas adalah milik Soto Kerbau Karso Karsi. Bagaimana rasanya? Sebanding dengan gambarnya yang menggoda, rasa sotonya sangat enak. Dihidangkan panas dalam sebuah mangkok ukuran kecil, nasi putih bercampur kuah soto, daging kerbau, tauge, dan taburan bawang merah goreng tampak sangat menggoda selera. Apalagi ketika itu saya makan dalam keadaan kelaparan. Rasanya seperti surga. Tak puas hanya makan 1 mangkok, saya minta tambah.

Soto kerbau adalah masakan khas dari Kudus. Kalau biasanya soto acap menggunakan daging sapi dan daging ayam, di Kudus lazim menggunakan daging kerbau. Konon, saat awal penyebaran islam di Kudus, salah satu Wali Songo yang berdomisili di kota santri, siapa lagi kalau bukan Sunan Kudus, memiliki ide unik. Dengan alasan masih banyak warga Hindu di sana, alih-alih menggunakan daging sapi, Sunan Kudus mengimbau warga muslim untuk menggunakan daging kerbau dalam hidangan soto mereka. Bentuk toleransi yang sangat hebat pada masanya mengingat sapi adalah hewan yang dipercaya suci oleh umat Hindu. Toleransi yang berujung pada menambah kekayaan kuliner kota Kudus di masa sekarang.

Ingin menikmati juga Soto Kerbau Karso Karsi ini? Datang aja ke warungΒ sederhananya yang selalu ramai di Jl. AKBP Agil Kusumadya , Kudus. Terletak sederet dengan RS Mardi Rahayu, jika dari arah Semarang bisa dicapai setelah terminal bus ke arah pusat kota Kudus. Belum lengkap rasanya main ke kota Kudus tanpa mengecap Soto Kerbau πŸ˜€

20120825-IMG_3689

Soto Kerbau disiapkan untuk dihidangkan

20120825-IMG_3691

Itu ada nomor telponnya, sila bagi yang mau memesan buat buka puasa



Iklan